ITS News

Jumat, 27 September 2024
06 Maret 2008, 14:03

Bekali Aplikan dengan Prinsip Entrepreneurship

Oleh : Dadang ITS | | Source : -

Selain stan Bursa Karir kali ini juga diisi dengan presentasi dari beberapa perusahaan. Presentasi tersebut dilaksanakan terbuka tepat di tengah-tengah area Graha. Menariknya, di antara berbagai perusahaan yang melakukan presentasi, ICT-JICA tampil sebagai pembuka presentasi. Achmad Affandi, Kepala Harian ICT-Multimedia tampil sebagai pengisi materi. “Yah, istilahnya saya berusaha memberi bekal pada mahasiswa,” cetusnya.

Presentasi dari ICT-JICA ini memang lebih menitikberatkan pada pembekalan calon pelamar kerja, khususnya lagi pada mahasiswa baik yang masih kuliah maupun yang baru saja lulus. Dalam presentasi ini, beberapa kali disinggung soal motivasi orang mencari kerja yaitu mendapatkan uang. “Don’t only think about money. Tapi pikirkanlah juga kontribusi apa yang sudah kita berikan,” ujar Achmad Affandi. "Indikatornya bisa kita lihat dari kira-kira ada atau tidaknya kita berpengaruh nggak pada perusahaan tersebut," ujarnya lagi.

Achmad juga menyinggung soal pentingnya jiwa entrepreneurship pada masing-masing individu. Yaitu menetapkan tujuan, bekerja sesuai rencana, dan tetap bahagia apapun yang terjadi. "Seumpama suatu saat kita kehilangan kesuksesan yang telah kita usahakan bertahun-tahun, jangan sedih. Karena toh kita datang tanpa membawa apa-apa dan pulang juga tidak akan membawa apa-apa," katanya sedikit berfilosofi. "Begitu pula ketika ketika sudah mencapai kesuksesan lalu ingin mencoba bekerja di bidang lain mulai dari nol, jangan takut," lanjutnya lagi.

Sebagai sebuah badan di bawah Lembaga Penelitian dan Pengabdian Masyarakat ITS tujuan dari ICT-JICA adalah berusaha mengembangkan information communication technology terutama di Indonesia bagian Timur. Apalagi dengan adanya kerjasama dengan pihak universitas Jepang, jalan untuk bertukar informasi akan semakin terbuka lebar. Semua itu tak lain demi meningkatkan kualitas sumber daya manusia kita.

Pihak ICT-JICA juga menawarkan bantuan bagi peserta presentasi yang sekiranya berminat untuk mengadakan penelitian. “Silakan hubungi kami,” ujar pria enerjik ini menutup presentasi.

Bursa karir kelima belas ini masih akan berlangsung hingga esok hari. Selain diisi dengan tes lowongan masuk, masih akan ada presentasi dari KBR, Total E&P Indonesie dan PT Astra Credits. (tyz/th@)

Berita Terkait