ITS News

Jumat, 27 September 2024
06 Maret 2008, 06:03

Belajar Enterpreneurship dari Tugas Akhir

Oleh : Dadang ITS | | Source : -

Topik inilah yang sedang hangat-hangatnya muncul ketika akan memasuki masa wisuda seperti saat ini. Akan diapakan ribuan hasil pemikiran mahasiswa itu agar dapat bermanfaat di lingkungan masyarakat luas.

Ir Mudji Irawan selaku Pembantu Dekan III FTSP mengungkapkan, kebanyakan mahasiswa membuat TA hanya sebagai persyaratan untuk lulus kuliah. "Banyak TA yang dibuat hanya untuk memenuhi tugas kurikulum," ungkapnya. Hal inilah yang menghasilkan ide, untuk menciptakan kegiatan enterpreneurship dari hasil karya skripsi mahasiswa.

"Enterpreneurship selalu dihubungkan dengan kegiatan bisnis dan produksi," penjelasan itu diungkapkan Mudji di sela-sela konfrensi pers yang diadakan hari ini (6/3). Namun, ia bertekad agar hasil karya mahasiswa dapat dimanfaatkan sehingga memiliki daya jual. Dan akhirnya, ia menjadi enterpreneur handal dari karya yang dibuatnya semasa mahasiswa

Rencananya ITS akan bekerja sama dengan perguruan tinggi seperti Unair, Unibraw, Unej, UM dan Petra dalam mengadakan workshop yang bertajuk One Day Workshop on Enterpreneurship East Java Roadshow yang akan diadakan pada sabtu (8/3) di gedung Pasca Sarjana ITS.

ITS yang selama ini menjadi tempat mencari ilmu para mahasiswa juga akan memberikan fasilitas apabila suatu TA akan diwujudkan menjadi kegiatan enterpreneurship yang menggunakan teknologi. Diharapkan, tugas akhir yang dimanfaatkan untuk enterpreneurship ini dapat bermanfaat bagi masyarakat. Setidaknya, karya mahasiswa tidak hanya menjadi penghias rak buku di perpustakaan. (mas/rif)

Berita Terkait