ITS News

Jumat, 27 September 2024
12 Maret 2008, 22:03

CSSC Kembali Gelar Pelatihan PLC

Oleh : Dadang ITS | | Source : -

Ketua Pelaksana PLC Klasikal, Nur Hidayat yang ditemui mengaku bahwa PLC Klasikal ini rutin diadakan tiap semester. “Untuk semester genap waktunya dalam bulan-bulan seperti ini sedangkan untuk semester ganjil biasanya mendekati UTS,”jelasnya.

PLC itu sendiri merupakan otomasi industri atau semacam controller mesin. “Sama seperti microcontroller hanya fungsi PLC ini lebih luas,” kata mahasiswa angkatan 2004 ini.

Awal mulanya pelatihan PLC ini hanya diadakan apabila ada undangan dari perusahaan tertentu. Namun dalam perkembangannya ternyata banyak permintaan baik dari masyarakat umum maupun mahasiswa untuk mengadakan pelatihan serupa.

“Materi kuliah tentang PLC sendiri sebenarnya hanya diberikan untuk mahasiswa Teknik Elektro prodi Teknik Sistem Pengaturan. Tetapi dalam kenyataannya memang untuk jurusan lain juga membutuhkan,” lanjutnya lagi. Selain Teknik Elektro ia juga menyebut Teknik Fisika sebagai salah satu asal jurusan peserta pelatihan ini.

Materi pelatihan itu sendiri mencakup pengetahuan dasar PLC, pemrograman ladder diagram dan contoh-contoh aplikasi dalam masyarakat. Pesertanya tak terbatas mahasiswa ITS tetapi ada pula dari Ubaya maupun ITATS.

“Dari segi materi tidak jauh berbeda antara PLC untuk mahasiswa maupun untuk umum. Yang membedakan hanya dari segi harga dan waktu pelaksanaan bagi umum lebih panjang, jadi materi tidak terlalu padat dalam sehari,” kata mahasiswa yang akrab disapa Dayat ini.

“Tidak ada syarat khusus bagi peserta kecuali masih merupakan mahasiswa S1 karena kalau sudah S2 atau S3 kami menganggap sudah cukup memahami PLC,”ujarnya. ”Pematerinya sendiri berasal dari dosen Teknik Elektro dibantu oleh asisten dari mahasiswa yang telah lulus praktikum Otomasi Sistem,” pungkasnya.(tyz/jie)

Berita Terkait