ITS News

Jumat, 27 September 2024
13 Maret 2008, 09:03

ITS Gelar Kontes Jembatan Tingkat Pelajar se-Jawa Bali

Oleh : Dadang ITS | | Source : -

Ir Rachmad Basuki MS, Ketua Program Studi Diploma Teknik Sipil ITS mengatakan, BCC 2008 merupakan lomba membuat miniatur konstruksi jembatan berbahan dasar stick ice cream, tusuk sate dan lem kayu sebagai perekat. ”Kontes jembatan ini memang bukan membuat konstruksi jembatan yang besarnya sama dengan kenyataan dilapangan, melainkan hanya berupa miniatur jembatan saja,” katanya.

Berbeda dengan tahun sebelumnya, BCC kali ini membidik lingkup peserta lebih luas lagi, siswa SMA/SMK se Jawa-Bali. ”Tahun sebelumnya kita membidik peserta siswa SMA/SMK se-Gerbang Kertasusila dan tanggapannya luar biasa. Diikuti 50 tim, melampaui target panitia,” ungkap Rachmad.

Selain memperluas sasaran peserta, lokasi penyelenggaraan BCC 2008 berada di luar lingkungan kampus, Mall City of Tomorrow. Menurut Ir Ismail Saud, Koordinator Bidang Kemahasiswaan Program Diploma Teknik Sipil ITS, pemilihan lokasi penyelenggaraan ini dimaksudkan agar kontes bisa disaksikan oleh masyarakat luas. ”Dengan demikian, kegiatan BCC 2008 ini bukan hanya bermakna sebagai lomba an-sich, melainkan juga dapat memberikan makna edukatif bagi publik terutama pada teknologi konstruksi jembatan,” ungkap Ismail.

Pada sistem penjurian akan dilakukan oleh para akdemisi, yang berasal dari dosen Program Diploma Teknik Sipil ITS dan praktisi di bidang konstruksi jembatan, yang salah satunya berasal dari Praktisi Proyek Pembangunan Jembatan Suramadu. Adapun kriteria penilaiannya meliputi Proposal Jembatan Rencana dengan bobot 5%, Estika berbobot 10%, Efisiensi Bahan bobot 15%, Ketepatan Ukuran 30% dan Kekuatan Jembatan dengan bobot paling besar 40%. Untuk uji pembebanan jembatan akan dilakukan dengan beban bertahap.

Pada para pemenang BCC 2008 menawarkan total hadiah sebesar Rp 12 juta dengan rincian juara I Rp 5 juta, juara II Rp 4 juta dan Juara III Rp 3 juta. Selain uang tunai, pemenang juga mendapatkan tropi bergilir Gubernur Jawa Timur serta beasiswa studi di Program Diploma Teknik Sipil ITS. Khusus untuk juara favorit pilihan penonton juga akan diberikan Trophy Juara Favorit.

Bagi siswa siswa-siswi SMA/SMK atau se-derajat se-Jawa Bali, yang berminat mengikuti kegiatan Kontes Jembatan BCC 2008 ini dapat segera mendaftar ke sekretariat Panitia di Kampus ITS Manyar, Jl. Menur 127 Surabaya. Pendaftaran itutup tanggal 28 Maret 2008. Untuk keterangan lebih lanjut hubungi Ismail Saud : 031-71971849 M.Syaiful Azis : 085645954058 atau email ke bcc2008_its@yahoo.com. (Humas D3 Teknik Sipil ITS/asa)

Berita Terkait