ITS News

Jumat, 27 September 2024
13 Maret 2008, 08:03

Lomba Warnai Kartun Einsten Anak dari HIMASIKA

Oleh : Dadang ITS | | Source : -

Dunia menggambar dan mewarnai merupakan dunia yang tak pernah luput dari dunia anak kecil. Oleh sebab itu, Rabu (13/3) HIMASIKA ITS adakan lomba mewarnai yang hanya diperuntukkan untuk siswa TK dan siswa SD di Gedung SCC. Acara yang diadakan dalam Pekan Fisika kali ini diikuti tak kurang dari enam belas peserta.

Dalam lomba kali ini, peserta diberikan kesempatan mewarnai gambar yang telah disediakan oleh panitia dengan durasi waktu dua jam lamanya. Selama rentang waktu tersebut, peserta diberikan kebebasan untuk memilih degaradasi warna yang sesuai selera mereka untuk menghias gambar kartun Einstein tersebut.

Tak hanya mewarnai gambar kartun Einstein, peserta juga diharuskan menggambar ekspresi, yang berhubungan dengan lingkungan sekitar terutama yang ada kaitannya dengan fisika. Tak ayal jika kebanyakan dari peserta yang banyak menggambar sesuka hati mereka bahkan ada seorang peserta yang menggambar pematang sawah lengkap dengan pak taninya. ”Saya rasa, tema yang kami berikan sepertinya terlalu tinggi, diluar nalar mereka, hingga gambar ekspresi mewreka pun lucu-lucu,” papar Affandi, Ketua Pelaksana kegiatan ini.

Dan diluar dugaan, hasil goresan warna dari peserta ini pun sempat membuat pihak juri kesulitan untuk memutuskan pemenang dari lomba mewarnai ini. ”Di luar perkiraan saya, di usia mereka yang begitu dini dapat menghasilkan warna yang cukup bagus, apalagi teknik pewarnaan yang mereka kasih, boleh dikatakan bagus untuk ukuran pemula serta ketajaman peserta melihat tema yang telah diberikan panitia,” papar Drs Ivan Hariyanto, juri sekaligus dosen di ITS.

Hingga akhirnya, pihak juri memutuskan tiga peserta sebagai juara utama dan satu peserta terfavorit. Adapun nama ketiga pemenang lomba mewarnai itu secara urut, diantaranya Bryan Riandro dari SD Carolus, Natalia Desyani B dari SD Santa Lorent, Fela Monica dari TK Kak Kresno Center, serta Salsabila Virial sebagai pemenang terfavorit dari SD Muhammadiyah Islam.

Masih dalam serangkaian kegiatan Pekan Fisika, di tempat yang sama yakni Gedung SCC, HIMASIKA ITS juga menggelar book fair. Acara yang telah dimulai sejak Senin(10/3) kemarin ini, juga banyak diminati. Berbagai judul dipajang di etalase yang telah disediakan oleh pihak panitia. Mulai dari novel, komik serta buku yang berbau iptek pun tersedia. Sekitar 20 pengunjung setiap harinya, datang untuk melihat bubu-buku yang telah disediakan oleh panitia. ”Rata-rata pengunjung yag datang ke book fair ini, banyak menacri buku yang ada hubungannya dengan dunia IT," tukas Farid yang juga merupakan panitia book fair. (st/rif)

Berita Terkait