ITS News

Jumat, 27 September 2024
14 Maret 2008, 17:03

Lepas Wisudawan dengan Mawar dan Nasi Bungkus

Oleh : Dadang ITS | | Source : -

Pemuda ini akrab disapa Lele, nama yang unik. Lele sendiri termasuk salah seorang mahasiswa tingkat akhir yang akan diwisuda besok pagi. Wajah Lele yang kotor dihiasi tanah basah tak sanggup menyembunyikan kegembiraan di wajahnya. "Iya mas, ini habis diceburin, biasa ritual tahunan Teknik Mesin," ujarnya bangga. Lele dan puluhan temannya yang basah memang baru saja menjalani ritual ‘basah’ jurusan Teknik Mesin.

Ritual ini adalah rangkaian acara guna melepas kepergian wisudawan. Lele bercerita, para calon wisudawan Teknik Mesin pertama harus berkubang di sungai Teknik Mesin, selanjutnya mereka diarak untuk makan di kantin pusat, dan penutupnya mereka akan diarak keliling kota dengan pemberhentian terakhir di Tugu Pahlawan. "Pertama kita diceburin, habis itu makan, trus kita diarak keliling kota," ujar Lele menjelaskan.

Rekan sejawat Lele, Heri menjelaskan, ritual ini memiliki beberapa arti untuk mahasiswa Teknik Mesin. Salah satunya adalah mendekatkan mahasiswa baru Teknik Mesin dengan para calon wisudawan yang notabene mahasiswa angkatan teratas. "Tapi selain itu juga membuat para mahasiswa Teknik Mesin agar cepat lulus, arek Mesin ben kepingin lulus kabeh!" ujar Heri sembari tertawa.

Satu hal yang mencolok pada prosesi unik ini, mahasiswa Teknik Mesin ini terlihat menggenggam beberapa tangkai mawar merah di tangan mereka. "Ini karena Teknik Mesin identik dengan warna merah, dan mawar ini kami berikan buat mbak-mbak yang lewat," ujar Heri setengah bercanda.

Fadiyah, salah seorang panitia dari mahasiswa baru mengatakan, rencananya setelah wisuda besok (15/3) mereka mengadakan acara pelepasan di jurusan. "Acaranya makan-makan dan pemberian piagam," ujar Fadiyah menutup pembicaraan.(ap/asa)

Berita Terkait