ITS News

Jumat, 27 September 2024
16 Maret 2008, 09:03

Cooking Competion ala JMMI

Oleh : Dadang ITS | | Source : -

Meja, kompor dan perlengkapan memasak ditata sedemikian rupa mengelilingi aula Plaza Dr Angka oleh panitia. Para peserta yang sudah berdatangan sejak pagi, terlihat sibuk berdiskusi dan mempersiapkan bahan–bahan masakan yang akan digunakan untuk perlombaan. Para suporter pun turut berdatangan memeriahkan acara.

Dalam sambutannya, Ibu Ir Hj Sutji R Suasmoro, istri dari Pembantu Rektor III ITS Prof Dr Suasmoro, memberikan tanggapan positif terhadap acara ini. Menurutnya lomba ini menjadi salah satu media pembelajaran tentang tata boga. Khususnya untuk para mahasiswi yang sehari–harinya disibukkan oleh kegiatan perkuliahan. ”Walau nantinya kalian sudah menjadi wanita karier tetap tidak boleh melupakan fitrahnya sebagai seorang wanita. Salah satunya menjadi ibu rumah tangga yang baik. Yang dapat menyediakan makanan yang lezat dan bergizi bagi suami dan anak-anaknya,“ pesan ketua Dharma Wanita ITS ini.

Tepat pukul 09.30 lomba di mulai. Kesibukan berbeda terlihat dari masing–masing kelompok. Mencincang dan menumis bahan masakan menjadi aktivitas utama para peserta. Aroma harum pun mulai tercium dari masakan olahan mereka. Dalam lomba ini, kreativitas para peserta pun diuji. Mereka diharuskan membuat sajian kuliner berbahan dasar telur dan tauge yang dapat dikombinasikan dengan bahan–bahan lainnya dalam waktu satu jam tiga puluh menit

Lomba ini diikuti oleh tiga belas kelompok, dimana satu kelompok terdiri dari tiga sampai empat anggota. Tiga kelompok di antaranya berasal dari universitas lain, yaitu Universitas Trunojoyo dan Universitas Dr Sutomo. Sedangkan sepuluh kelompok lainnya adalah wakil dari masing–masing kajian jurusan yang berada di ITS.

“Yang menjadi kriteria penilaian dalam perlombaan ini di antaranya adalah kekompakan tim, kebersihan, estetika masakan dan keseimbangan komposisi bahan masakan “ ujar Tyas, ketua panitia acara ini. Bertindak sebagai juri pada lomba kali ini adalah Ibu Suasmoro, dan ketua Jaringan Muslimah nasional Fanny Oktavianti.

Juara pertama berhasil di raih oleh tim delegasi Kajian Jurusan Teknik Kelautan, Bahrul Ilmi. Tim yang beranggotakan Putri, Dyah, Dwi dan Hana tersebut mampu mencuri perhatian juri lewat olahan kulinernya yaitu Soufflé Omelet dan Oceano French Toast. Sedangkan juara II dan III berturut diraih oleh tim delegasi dari Kajian Jurusan Teknik Lingkungan dan jurusan Kimia ITS.(hz/rif)

Berita Terkait