ITS News

Jumat, 27 September 2024
20 Maret 2008, 06:03

PENS dan Multimedia Center Gelar Seminar ICT

Oleh : Dadang ITS | | Source : -

Bertajuk Harmonisasi ICT di Seluruh Aspek Kehidupan Menuju Kemandirian Bangsa, seminar tersebut mencoba untuk meningkatkan kesadaran masyarakat tentang pentingnya teknologi informasi dan komunikasi. Nantinya diharapkan para masyarakat mulai sadar dan bisa memanfaatkan teknologi-teknologi yang ada terutama yang sedang digalakkan pemerintah.

Syechu Dwitya Nugraha, selaku panitia seminar tersebut mengatakan, harmonisasi yang dimaksud dalam tema dapat dijabarkan bahwa ICT tidak terbatas pada dunia pendidikan saja. Dalam artian tidak hanya dipelajari atau diteliti saja. “ICT juga mampu diterapkan di berbagai aspek kehidupan lainnya, dari sinilah nantinya tercipta sebuah harmonisasi demi terwujudnya kemandirian bangsa,” jelas Syechu.

Awalnya, seminar tersebut akan diramaikan oleh tiga pembicara. Namun karena Dr Fahmi Amhar, Peneliti Utama Bakosurtanal berhalangan hadir, seminar hanya diisi dengan dua pembicara. Rencananya, Fahmi akan berbicara terkait pemanfaatan dan penggunaan ICT secara tepat dan Solutif menuju bangsa yang mandiri.

Menkominfo yang juga mantan Rektor ITS, Muhammad Nuh juga berhalangan hadir dan digantikan oleh staf ahlinya, Dr.Eng Son Kuswoyo. Dalam kesempatan tersebut, Son memaparkan tentang realitas dan implikasi perkembangan ICT di seluruh aspek Kehidupan bagi Indonesia.

Selain itu, Son Kuswoyo juga menjelaskan betapa butuhnya kita terhadap teknologi informasi dan komunikasi. Berdasar pada falsafah Moore, Matcalve, dan Coase yang memberikan inspirasi bahwa cepat itu mengalahkan yang lambat, jaringan itu lebih memberikan manfaat, dan biaya ditentukan oleh efisiensi; maka disinilah peran ICT dalam mengakomodasi kesemuanya.

“Oleh karena itu, perkembangan ICT tidaklah dapat ditampik lagi, karena bagaimanapun juga manfaatnya jauh lebih besar daripada mudharat yang diberikannya,” ujar Son kepada peserta yang hadir.

Sementara itu, Dr Ir Titon Dutono M.Eng selaku pembicara kedua menjelaskan pengelolaan ICT dalam tinjauan regulasi nasional dan internasional. Direktur PENS ITS ini mengungkapkan bahwa dengan sebuah media komunikasi maka informasi berupa data dapat diolah menjadi informasi baru disertai dengan bentuk baru yang lebih mudah dipahami.

Sehari sebelumnya, rangkaian ICT for Our Nation ini juga menggelar beberapa workshop yang berhubungan dengan ICT, seperti flash, photoshop, open source, dan linux. Berbarengan dengan itu, juga diadakan lomba blog untuk tingkat SMP dan SMA serta pameran ICT di Gedung Perpustakaan ITS. (mtb/ jie).

Berita Terkait