ITS News

Kamis, 18 Juli 2024
27 Maret 2008, 07:03

Kreasi Jurnalis Siswa SMA di JOP

Oleh : Dadang ITS | | Source : -

Hadir lebih inovatif Pekan Ilmiah Mahasiswa ITS (PIMITS) 11 kali ini mencoba menawarkan konsep baru yang berhubungan dengan dunia Jurnalistik. Penangung jawab JOP, Januar Indra Yudhatama menjelaskan latar belakang digelarnya acara ini adalah ikut memeriahkan PIMITS tahun ini dengan sesuatu yang baru. "Jurnalistik menjadi hal yang menarik diangkat pada PIMITS karena peminat juga cukup banyak. Jurnalistik sendiri bukan barang baru buat teman-teman di SMA," ujar Januar

Perihal teknis dari kegiatan JOP, lanjut Januar menjelaskan bahwa artikel dan foto yang mereka kumpulkan adalah seputar PIMITS 11 dan harus dikumpulkan hari ini saja." Kita pakai konsep On The Spot, jadi tulis dan langsung kumpul pada hari itu juga," terang mahasiswa jurusan Biologi ini. Peserta dari JOP sendiri terdiri dari tim-tim yang anggota tiga orang, tim tersebut dibebaskan untuk mengangkat topik apapun asalkan masih dalam lingkup PIMITS.

Selanjutnya Penilaian akan dilakukan setiap hari dan dalam waktu 4 hari itu, panitia JOP akan mengumumkan setiap berita dan foto yang terbaik dalam tajuk The Best News of The Day and Best Jurnalistik Photo. Pada hari ketiga Rabu (26/3) ini tim jurnalis SMK 1 Surabaya berhasil memborong Best News dan menampilkan 2 foto untuk mewakili the best photo jurnalistik. Artikel Jurnalis SMA ini banyak mengangkat sepinya pengunjung pada hari pertama dan opening ceremony PIMITS sendiri.

Sepinya pengunjung pada hari pertama memang banyak menjadi sorotan para peserta. Banyak dari artikel berita yang ditulis dan foto-foto yang masuk pada panitia mengangkat tema itu. "Peserta sepertinya heran dengan acara besar tapi sedikit pengunjungnya," jelas Teguh Santoso, salah satu panitia JOP.

Teguh mengungkapkan animo peserta JOP untuk hadir berkunjung sekaligus reportase menjadi sangat besar. "Kebanyakan peserta memang menunggu hari ini, soalnya ada Robot in Action dan tadi ada demo karya mahasiswa," jelasnya.

Adapun tulisan yang masuk hari ketiga PIMITS antara lain Tebar Pesona PIMITS, Kecewa di Hari Pertama, Reshuffle di Hari Kedua, Servis Gratis di PIMITS, Alang-alang Warnai PIMITS, JOP lahir di PIMITS 11.Sedangkan The Best Photo antara lain Sepi, Menunggu Diisi, G-Pans Runner Up Tanpa Kaki, Reog, wajah lugu di PIMITS.

Tim SMK 1 Surabaya yang beranggotakan Nurfatma Sari, Yuli Ulfa, Ummy Chairiyah yang tulisannya menjadi The Best News mengungkapkan sangat senang dengan acara ini. "Kita tertarik banget dengan acara JOP ini, acara PIMITS-nya juga keren habis," ungkap Yuli.

Sedangkan The Best Photo yang juga berhasil diraih tim SMK 1 Surabaya yang diwakili dengan foto berjudul Oom Didit, Ketua Sanggar Alang-alang Surabaya hasil karya dari Yuli Ulfa. "Ketertarikan dengan dunia jurnalistik dan fotografi dikarenakan unik dan memiliki penjiwaan yang kuat pada saya.," terang siswi kelas dua ini.

Semangat para jurnalis siswa SMA yang rata-rata tergabung dalam ekstra kurikuler jurnalistik terlihat ketika mereka rela hadir di Graha Sepuluh Nopember sampai malam demi berita yang akan ditulis.(fn/rif)

Berita Terkait