ITS News

Jumat, 27 September 2024
27 Maret 2008, 19:03

Soroti Soft Skill, Kuliah Tamu Teknik Sipil

Oleh : Dadang ITS | | Source : -

Kuliah tamu ini menghadirkan Ir Hadjar Seti Adji M Eng SC IP-U. Kepala Divisi Pengembangan Sumber Daya Manusia PT Pembangunan Perumahan (PT PP) ini mengungkapkan bahwa hanya sekitar tujuh puluh persen hard skill saja yang akan berperan dalam dunia kerja. Sisanya dibutuhkan keterampilan soft skill contohnya kemampuan untuk bekerja sama dengan orang lain. Soft skill ini akan semakin berkembang seiring dengan pengalaman seseorang berkecimpung dalam dunia kerja .

Diungkapkan pula pentingnya kemampuan berbahasa Inggris. Hal ini dipertegas oleh Ketua Jurusan Teknik Sipil, Dr Ir Hidajat Sugiharto MS, yang turut hadir dalam acara tersebut. “Inilah salah satu alasan mengapa banyak lulusan Teknik Sipil ITS yang diterima di PT PP. Karena bahasa Inggris kita sudah menggunakan standar TOEFL,”ujar Hidajat.

Menurut Hidajat, kuliah tamu ini rutin diselenggarakan oleh Jurusan Teknik Sipil.”Paling tidak sebulan dua kali,”ujarnya. Kuliah tamu sebelumnya diadakan studi mengenai jembatan Suramadu sedangkan untuk kuliah tamu selanjutnya Hidajat mengaku berencana mengundang pembicara dari Bluescope Lysaght, sebuah pabrik pemroduksi baja ringan. “Mungkin sekitar bulan April,”katanya.

Ketua panitia, Danny Setiawan, ketika ditemui ITS Online mengaku kuliah tamu ini terbuka untuk seluruh mahasiswa Teknik Sipil. “Namun, memang lebih diprioritaskan untuk angkatan tengah seperti 2006 dan 2005. Pertimbangannya, angkatan tengah ada di waktu yang pas untuk mempersiapkan diri menuju dunia kerja,”pungkas Mahasiswa Teknik Sipil 2005 ini. (tyz/jie)

Berita Terkait