ITS News

Jumat, 27 September 2024
05 April 2008, 10:04

Peminat PMDK ITS Meningkat Pesat

Oleh : Dadang ITS | | Source : -

Hingga Jumat (4/4), program PMDK yang dibuka pendaftarannya mulai 14 Januari sampai 31 Maret 2008 (stempel pos pengiriman, red) tersebut sudah menerima 4.201 formulir. ”Jumlah ini kemungkinan masih akan terus bertambah hingga Senin depan, karena kemungkinan yang dikirim lewat pos masih ada yang belum sampai,” ungkap Dr Ir Budi Santosa, ketua Tim Promosi ITS.

Jumlah tersebut, menurut Budi, jauh meningkat dibandingkan pendaftaran PMDK tahun sebelumnya yang hanya mencapai 2.994 formulir yang masuk. Dari jumlah tersebut, jalur PMDK Reguler tetap mendominasi sebanyak 1.638 peminat. Sedangkan jalur Prestasi sebanyak 373, Berbeasiswa 971, Kemitraan 629 dan Mandiri sebanyak 590 peminat.

Hampir semua jalur PMDK yang dibuka mengalami peningkatan jumlah peminat dari tahun lalu. Seperti jalur Reguler sebelumnya hanya 872 peminat, Prestasi 129 peminat, Berbeasiswa sebanyak 749 dan Mandiri sebanyak 473 peminat. Hanya jalur Kemitraan yang mengalami sedikit penurunan dari tahun lalu yang mencapa 771 peminat. ”Tapi penurunan itu tidak terlalu signifikan karena ada peningkatan juga dari jalur Mandiri yang sebenarnya hampir sama dengan Kemitraan,” ujar Budi yang juga Pembantu Dekan IV Fakultas Teknologi Industri (FTI) ITS.

Dari semua jurusan di ITS yang ditawarkan dalam program PMDK ini, jurusan Teknik Informatika masih menjadi jurusan paling favorit. Sedangkan jurusan Teknik Industri berada di posisi kedua. Semua formulir yang sudah diterima tersebut masih harus melalui proses seleksi administrasi. Salah satunya adalah seleksi berdasarkan nilai rapor dari masing-masing sekolah. Tidak ada tes tulis sama sekali dalam perekrutan mahasiswa baru lewat program PMDK di ITS. Selain itu, untuk PMDK Berbeasiswa juga harus menjalani seleksi berdasarkan visitasi lapangan atau home visit.

”Visitasi ini untuk memastikan kondisi calon mahasiswa tersebut benar-benar berasal dari keluarga yang kurang mampu atau tidak. Karena jalur Berbeasiswa ini hanya ditujukan bagi mereka yang berprestasi tapi berasal dari keluarga kurang mampu,” jelas Budi.

Untuk visitasi ini, lanjut Budi, direncanakan mulai dilaksanakan selama dua minggu sebelum akhir April 2008. Sebab, pengumuman hasil seleksi harus sudah diumumkan pada 30 April mendatang. ”Proses seleksi secara keseluruhan akan dilakukan mulai 7-25 April ini,” tandasnya. (humas/th@)

Berita Terkait