ITS News

Jumat, 27 September 2024
06 April 2008, 05:04

Buat Publikasi Menarik di Pelatihan Desain

Oleh : Dadang ITS | | Source : -

Bertempat di Laboratorium Studio 3D dan Komputasi Teknik Sistem Perkapalan, pelatihan Coreldraw diselenggarakan dengan pemateri Umar Saifullah sebagai admin Laboratorium. Pelatihan yang diminati oleh kalangan yang bukan hanya datang dari kalangan mahasiswa, tetapi juga dihadiri oleh kalangan umum.

Pelatihan yang dipandu langsung oleh admin Laboratoruim studio 3D dan
Komputasional Umar Saifullah ini memiliki parameter keberhasilan
pelatihan yakni mampu mendesain sendiri publikasi acara.

Ichwan Ibrahim selaku ketua panitia pelatihan menjelaskan, selama ini kita di sistem perkapalan memang tidak mendapatkan displin ilmu seperti desain grafis. Lanjutnya dikarenakan kebutuhan selama ini apabila Siskal atau FTK (Fakultas Teknologi Kelautan) menyelenggarakan kegiatan maka kita pun harus mampu menggarap publikasi itu sendiri.

"Berlatarbelakang demi memenuhi kebutuhan akan tenaga desainer publikasi acara, maka kita pun bisa desain grafis. sampai saat ini pun Laboratorium sering dapat Job dari kalangan ITS dan FTK sendiri atau universitas lain," Ujar Ohem sapaan akrab mahasiswa angkatan 2006 ini.

Tambahnya, pelatihan ini juga memfasilitasi para peserta untuk mampu mendesain publikasi acara secara baik dan menarik. "saya yakin peserta itu binggung dengan coreldraw mau buat apa? kita mencoba mengarahkan saja kearah publikasi acara yang baik," ungkap Ohem.

Kedepan Laboratorium 3D dan Komputansional akan mengadakan pelatihan Flash." Sama kita akan mengangkat tema yang reyah tapi menarik, seperti pembuatan presentasi dengan Flash," terang Ichwan Ibrahim. Selain itu dalam waktu dekat ini Pelatihan mengenai software engineering akan digelar, seperti AutoCad, Maxsurf, dan Autopipe.

Pelatihan ini selain dibuka untuk umum juga mengundang perwakilan Himpunan Jurusan yang ada di FTK dan perwakilan Kajian Jurusan. Tujuannya antara lain untuk membekali para fungsionaris agar dapat mengatasi masalah desain publikasi acara mereka sendiri.

Selain pelatihan yang langsung dibimbing oleh pemateri, untuk memantau dan langsung melayani peserta pihak Laboratorium menyediakan para asisten yang siap membantu apabila peserta kesulitan mengikuti arahan pemateri.

Adimas Subarkah yang menjadi asisten mengatakan kesulitan peserta ada di daya tangkap mereka terhadap instruksi yang diberikan pemateri. "Secara basic peserta memang masih kurang tapi kita nantinya akan memberikan CD interaktif yang berisikan materi pelatihan ini,semoga teknik basic bisa mereka kuasai selesai mengikuti pelatihan ini," pungkas Adimas.

Nining Martianingsih peserta dari Jurusan Kimia FMIPA mengaku senang dengan pelatihan ini."Saya sangat tertarik sekali dengan pelatihan ini, selain tambah pengetahuan juga bisa langsung aplikasi Coreldrawnya ke pembuatan publikasi acara dengan sesi studi kasusnya," jelas mahasiswa angkatan 2005 ini.

Nining menjelaskan selama ini pernah mengikuti pelatihan desain grafis, tetapi konsep yang ditawarkan teman-teman di Siskal lebih inovatif dengan studi kasusnya." Saya juga tertarik dengan Autocad, saya harap teman-teman di Siskal cepat-cepat buat pelatihan Autocad,"harap Nining.(fn/jie)

Berita Terkait