ITS News

Jumat, 27 September 2024
21 April 2008, 12:04

Tanam Seribu Cemara Untuk Rekatkan Keluarga

Oleh : Dadang ITS | | Source : -

Pagi itu, Sabtu (19/4), suasana di halaman gedung FTIf tampak ramai. Di sana, terlihat ratusan mahasiswa, karyawan dan dosen sibuk membersihkan lahan yang kemudian ditanami dengan bibit cemara. Tak heran, lahan yang tadinya penuh ilalang, kini berubah menjadi lebih lapang dengan barisan pohon kecil cemara yang tertata rapi.

Ditemui di sela-sela kesibukan, Adhi Laras Putro Pamungkas, ketua Keluarga Mahasiswa Sistem Informasi (KMSI) menegaskan bahwa acara penanaman seribu cemara ini sekaligus menandai pembukaan SI Games yang akan berlangsung selama dua minggu ke depan. "Maunya sih acara pembukaannya dibuat standar saja. Eh, ternyata dari pihak jurusan ingin mengadakan penanaman pohon. Ya, akhirnya sekalian saja," ujar Adhi.

Bagi Adhi sendiri, wajar saja bila KMSI menyambut baik keinginan pihak jurusan dan
mengemasnya dalam acara pembukaan. Hal ini mengingat semangat dari tanam seribu cemara selaras dengan tujuan SI Games itu sendiri. "Yakni, menyatukan keluarga besar SI. Sebab, yang namanya keluarga bukan hanya mahasiswa saja, tapi juga karyawan dan dosen. Jadi, sekali lagi titik balik dari acara ini adalah persatuan keluarga besar SI," tegas Adhi.

Dipihak lain, Ir Achmad Holil Noor Ali MKom, Ketua Jurusan (Kajur) SI mengungkapkan bahwa acara dapat dikatakan sebagai event keakraban bagi segenap civitas akademika. "Selain itu juga merupakan wujud usaha untuk menumbuhkan kepedulian civitas pada jurusan," tutur pria yang akrab disapa Holil ini.

Adapun tentang pohon cemara yang ditanam, Holil menegaskan bahwa seribu cemara
tersebut adalah sumbangan alumni yang diberikan sejak seminggu lalu. "Saat merencanakan kapan menanamannya, kita teringat bahwa kita ada hajat kegiatan ini. Jadi, akhirnya diputuskan formatnya digabung dengan pembukaan SI Games," imbuhnya.

Dan karena lingkupnya fakultas, lanjut Holil, target tempat penanamannya pun bukan
hanya di jurusan SI saja tapi juga lahan Teknik Informatika yang baru. Rinciannya,
800 pohon untuk lahan gedung FTIf dan SI, serta 200 pohon di tanam di lahan Teknik
Informatika. "Setelah ditanami pohon, pada halaman belakang SI selanjutnya akan
kita buatkan panggung teater kecil mahasiswa. Kita kondisikan tempat itu untuk taman
belajar sekaligus juga tempat hiburan," pungkas Holil.(f@y/th@)

Berita Terkait