ITS News

Jumat, 27 September 2024
11 Mei 2008, 23:05

Marine Futsaltainment, Padukan Olahraga dan Entertainment

Oleh : Dadang ITS | | Source : -

Dalam sambutannya Kajur Teknik Sistem Perkapalan, Ir Alam Baheramsyah MSc menerangkan dalam kehidupan berpendidikan, tidak hanya akademik terus yang selalu dipikirkan. Melainkan pembentukan karakter dan jiwa merupakan point penting agar berimbangnya kebutuhan antara rohani dan jasmani. "Dengan berolahraga kita bisa membentuk itu semua, Futsal contohnya, banyak nilai-nilai karakter luhurnya," ujar Dosen yang mengajar matakuliah Mesin Fluida ini. Lanjutnya inilah fungsi dari Himasiskal untuk mewadahi dan memfasilitasi, dengan turut digelarnya Marine Futsaltainment.

Alam menambahkan dalam futsal sendiri tidak hanya kompetisi pertandingan olahraga. Tetapi juga pembelajaran menumbuhkan sikap sportif, kekeluargaan, dan kebersamaan. "Kalah menang tidak menjadi masalah, yang penting sportifitasnya dan kebersamaan antar anggota tim," terang Alam kepada perwakilan dari tiap tim. Marine Futsaltainment sendir resmi dibuka dengan upacara pelepasan balon berlogokan Marine Icon dan tendangan pertama ke gawang oleh Ketua Jurusan Sistem Perkapalan.

Pertandingan perdana digelar selepas upacara pembukaan, antara Fakultas Hukum Universitas Surabaya (FH-Ubaya) dan Fakultas Kedokteran Hewan Unair (FKH-Unair). Pada pertandingan yang berjalanan dua babak ini FH-Ubaya sukses menaklukkan FKH-Unair dengan skors telak 7-1. Selain itu juga bertanding juara bertahan, Fakultas Ilmu Keolahragaan Universitas Negeri Surabaya melawan FTI-ITS.

Menurut Ketua Panitia Marine Futsaltainment tahun 2008 ini, Kentas Warih Partono sistem pertandingan yang digunakan dalam kompetisi ini adalah sistem gugur. "Nantinya ketika di final kita akan tampilkan sesuatu yang berbeda, yakni unsur entertainmentnya akan ditonjolkan," katanya. Kentas mengungkapkan mungkin dalam beberapa hari kedepan kita akan gelar beberapa hiburan seperti modern dance, free style, coaching clinic, dan exhibiton match untuk mengisi waktu bertanding futsal.

Melihat animo penonton pada pelaksanaan  tahun lalu yang tinggi, Kentas mengharapkan tiap tim juga mampu menjunjungi tinggi sportifitas. Demi lancarnya pertandingan, ia berpesan untuk jangan anarkis, justru sebaiknya bersosialisasi dengan teman dari kampus lainnya. "Marine Futsaltainment kan pesertanya dari beberapa kampus di Surabaya, ketimbang anarkis lebih baik berkenalan dan bersosialisasi," tutur mahasiswa Sistem Perkapalan angkatan 2005 ini.(fn/rif)

Berita Terkait