ITS News

Jumat, 27 September 2024
17 Mei 2008, 12:05

KRI-KRCI Regional IV Resmi Dimulai

Oleh : Dadang ITS | | Source : -

Graha Sepuluh Nopember ITS sejak pagi telah diramaikan puluhan peserta yang sibuk menyiapkan robot yang akan berlaga di KRI-KRCI. Ratusan supporter dari berbagai tim juga tampak memadati tribun penonton untuk memberi dukungan kepada peserta yang akan saling adu robot nantinya.

Tepat pada pukul 09.00 WIB, acara pembukaan KRI-KRCI Regional IV dimulai. Dan berbagai kontingen pun memasuki ruangan mewakili dari Perguruan tinggi masing-masing. Acara perhelatan robotika ini resmi dibuka oleh Rektor ITS, Prof Ir Priyo Suprobo MS PhD.

Dalam pidatonya, Probo berpesan agar dalam perlombaan ini tetap di junjung tinggi sportivitas. "Saya harap, di ajang bergengsi sportivitas tetap kita junjung tinggi, dan tetap tunjukkan kreativitas teknologi di perlombaan ini,” ungkap Probo dikala membuka acara KRI-KRCI Regional IV.

Probo juga menyampaikan rencana untuk mengajukan ke DIKTI agar ITS dapat menjadi Pusat Pengembangan Ilmu Robotika Nasional. Dikatakan Probo, ITS ingin berbagi ilmu dan teknologi robotika kepada seluruh mahasiswa di Indonesia.

Rangkaian pertandingan KRI dan KRCI secara resmi dibuka rektor dengan memukul gong. Uniknya, pemukul gong dibawa oleh sebuah robot otomatis yang dirancang khusus mahasiswa PENS-ITS yang menyerupai kupu-kupu KRI-KRCI Regional IV kali ini diikuti oleh 21 Tim KRI, 13 Tim untuk KRCI divisi Expert, 11 tim untuk KRCI Divisi Legged, 25 Tim KRCI untuk Divisi Wheeled.(st/asa)

Berita Terkait