ITS News

Jumat, 27 September 2024
17 Mei 2008, 12:05

Running Test KRI-KRCI, Masih Banyak Robot Macet

Oleh : Dadang ITS | | Source : -

Walaupun belum resmi dibuka dan perlombaan belum dimulai, Graha Sepuluh Nopember sudah dipenuhi pecinta robot Jumat itu. Pasalnya, banyak rangkaian yang wajib peserta ikuti. Selain running test, juga dilaksanakan technical meeting untuk kedua kategori dan Drawing pembagian group untuk kategori KRI.

Walaupun peserta sudah mendapat buku panduan, namun penyelenggara masih perlu mengadakan technical meeting (TM) untuk KRI maupun KRCI. Koordinator Juri KRCI Dr Dadet Pramadihanto mengatakan TM diperlukan untuk menjelaskan segala sesuatu dalam buku panduan tersebut. ”Intinya hanya untuk ajang berdiskusi antara peserta dan juri terkait pelaksanaan dan peraturan,” ujar Dedet.

Ternyata benar, baik dalam TM KRCI maupun KRI masih banyak peserta yang menanyakan kejelasan dari peraturan, penilaian, maupun hal-hal sederhana lainnya. Secara garis besar, yang banyak ditanyakan oleh peserta adalah kemungkinan-kemungkina yang bakal terjadi namun tidak terdapat dalam buku panduan.

Pada siang hari, setiap tim harus menyiapkan robot-robotnya untuk melakukan running test. Hanya diberikan waktu sekitar lima menit tiap tim untuk mencoba robotnya. Untuk KRI MEng, hasilnya akan menentukan posisi mereka dalam pembagian group. Dr Ir Endra Pitowarno, salah satu juri mengatakan sebisa mungkin tim harus menunjukkan kemampuan terbaiknya. ”Jika tidak akan merugikan mereka sendiri di pembagian group karena bisa jadi akan satu group dengan tim kuat lainnya,” tambah Endra.

Dalam running test itulah banyak robot yang masih tersendat-sendat bahkan tidak dapat bergerak. Untuk kategori KRCI pun banyak robot yang belum mampu mengatasi rintangan yang ada dalam menyelesaikan misinya.

Dari hasil drawing, 21 tim KRI akan dibagi dalam tujuh group dengan tiga tim masing-masing group. Setiap tim dalam satu group akan saling bertemu. Selanjutnya akan diambil 16 tim untuk berlaga kembali dalam perdelapan final. Dua tim teratas dari masing-masing group dan dua tim peringkat ketiga yang memilki nilai tertinggi. Setelah itu, dua tim akan bertanding dengan sistem gugur hingga final. Tiga tim peringkat atas akan mewakili Regional IV untuk berlaga di tingkat nasional.

Kategori akan menyelesaikan perlombaannya dengan tiga putaran dalam sehari, Sabtu (17/5). Hari pertama untuk KRI hanya akan meneyelesaikan babak penyisihan dan dilanjutkan keesokan harinya. (mtb/rif).

Berita Terkait