ITS News

Jumat, 27 September 2024
25 Mei 2008, 09:05

Ajarkan Membuat Website Super Cepat

Oleh : Dadang ITS | | Source : -

KMSI menggelar kembali IT3 untuk kelima kalinya. Kali ini KMSI mengambil tema web super cepat dalam ajang tahunan tersebut. Tema ini sengaja dipilih untuk mempermudah masyarakat dalam pembuatan website. ”Dalam workshop ini kita memudahkan peserta agar dapat membuat website melalui template yang didownload, tak lagi menggunakan cara manual,” papar Yusuf Affandi selaku ketua pelaksana.

Menurut Yusuf, kebanyakan mahasiswa ITS membutuhkan langkah–langkah membuat website super cepat. Hal ini disebabkan tuntutan tugas dan proyek yang biasanya mengharuskan mahasiswa untuk membuat website. Yusuf mencontohkan mata kuliah di jurusannya yaitu tentang aplikasi berbasis website yang mengharuskan mahasiswa untuk membuat website. Penguasaan langkah–langkah membuat website super cepat tentunya akan memepermudah tugas tersebut.

Masih menurut Yusuf, penguasaan membuat website super cepat sendiri di ITS masih didominasi oleh mahasiswa yang dengan mata kuliah berbasis Information Technology. Padahal banyak proyek yang menuntut penggunaan website super cepat. ”Dengan menguasai teknologi ini, mahasiswa akan mendapat profit untuk dirinya sendiri,” sambung Yusuf.

Bertempat di ruang Laboratorium Pemrograman Sistem Informasi, workshop yang diadakan Sabtu (24/5) ini dibagi menjadi dua shift. Dalam satu shift, jumlah peserta dapat mencapai lima puluh orang. Selain diikuti oleh mahasiswa ITS dan universitas lain, workshop ini juga diikuti oleh dosen, masyarakat umum, bahkan pegawai kantor.

Dalam workshop yang menghadirkan Adrian Tarigan selaku Moderator ID Joomla Indonesia ini, dibahas langkah – langkah dalam membuat website super cepat. Mulai dari basic hingga hosting yang siap dibuka di internet. Website super cepat yang dibahas dalam workshop ini menggunakan jasa Content Management System (CMS) Joomla. (nrf/rif)

Berita Terkait