ITS News

Kamis, 26 September 2024
24 Juni 2008, 17:06

Lima Karya Ilmiah Wakili ITS Ke PIMNAS

Oleh : Dadang ITS | | Source : -

Kelima karya ilmiah tersebut antara lain adalah karya dari mahasiswa jurusan Biologi FMIPA ITS berjudul Pelestarian Ekosistem Mangrove Di Wonorejo Surabaya melalui Pembuatan Sirup Apple Mangrove. Kelompok ini memang pernah melakukan penelitian terkait kandungan buah mangrove pada tahun lalu. Sebelumnya, penelitian mereka juga mendapat dana hibah dari Dikti lewat Program Kreativitas Mahasiswa (PKM) bidang Penelitian. ”Sebenarnya kami hanya meneruskan hasil dari PKM Penelitian kemarin,” ungkap Widowati, salah satu anggota. Karya ilmiah ini dibimbing oleh dosen Matematika sekaligus Pembantu Dekan III FMIPA, Drs Bandung Arry MIKomp.

Sementara itu, Minartiningsih, mahasiswi Teknik Elektro bersama tim nya juga berhasil lolos ke Pimnas. Dengan karya ilmiah berjudul Evaluasi Statistik Rendaman Gelombang Radio oleh Hujan di Surabaya berdasarkan Curah Hujan dengan Metode Synthetic Strom.

Selain Minartiningsih, dua tim lain yang diketuai mahasiswa asal jurusan Teknik Elektro juga mampu lolos ke Pimnas. Mereka adalah Denny Kalfarosi serta Kartika Ramadhani. Dua karya ilmiah mereka juga masih berhubungan dengan redaman hujan, yaitu Evaluasi Optimasi Kanal D-MIMO di Bawah Redaman Hujan, serta Model Statistik Variasi Redaman Hujan Pada Gelombang Radio di Surabaya. Ketiga karya ilmiah mahasiswa jurusan Teknik Elektro ini dibimbing oleh dosen yang sama yaitu Gamantyo Hendrantoro MEng PhD.

Masih ada lagi satu karya ilmiah yang berjudul Pembuatan Microsphere Polystyrene dengan Proses Presipitasi Antisolvent Superkritis. Karya ilmiah yang diketuai oleh Wahyu Kusuma, mahasiswa jurusan Teknik Kimia ini juga akan dikirim dalam ajang Pimnas pada Juli mendatang. (yud/th@)

Berita Terkait