ITS News

Selasa, 03 September 2024
01 Juli 2008, 12:07

Program Eco-campus di Kampus ITS

Oleh : Dadang ITS | | Source : -

Dengan adanya paradigma baru tentang pengelolaan sampah dimana sampah tidak saja ditangani tetapi juga dikurangi, ITS mencoba berpartisipasi secara riil di dalam pengurangan sampah yang dihasilkan oleh berbagai aktivitas yang ada di dalam kampus. Tidak hanya itu, ke depan ITS bahkan juga ingin mengelola sampah padat yang ada di sekitar kampus.

Pengelolaan sampah di ITS dan sekitarnya merupakan salah satu kegiatan dari eco-kampus ITS, sebenarnya juga sangat terkait dengan program Corporate Social Responsibility (CSR) ITS. Melalui program pengurangan sampah di tempat yang sering dikaitkan dengan program 3R (reduce, reuse, recycle), maka penanganan sampah dapat melibatkan masyarakat di sekitar kampus yang dapat pula membantu pengentasan kemiskinan di sekitar kampus.

Adanya Jurusan Teknik Lingkungan di ITS dan berbagai jurusan, laboratorium, dan berbagai unit lain relevan, program eco-kampus melalui pengurangan sampah ini juga dapat merupakan bagian dari tridarma perguruan tinggi. Adanya fasilitas 3R di ITS dapat dikaitkan langsung dengan kegiatan pendidikan, penelitian, dan pengabdian untuk masyarakat. Lebih dari itu, ITS juga ingin membuktikan secara langsung bahwa program eco-kampus dapat menjadi bentuk nyata pengurangan sampah di Indonesia.

Ada empat kelurahan yang berbatasan langsung dengan wilayah ITS yang akan juga turut merasakan dari aktivitas eco-kampus ini adalah Kelurahan Keputih, Kelurahan Kejawan Putih, Kelurahan Mulyorejo, dan Kelurahan Gebang. Perencanaan dan sosialisasi program 3R dari eco-kampus diharapkan selesai akhir tahun 2008; sedangkan proyek fisik diharapkan selesai 2009.

Program 3R dari eco-kampus ini dilaksanakan dengan bekerjasama dengan Ditjen Cipta Karya, Pemkot Surabaya, serta berbagai mitra ITS yang terkait. Tipikal dari program 3R melalui bangunan yang digunakan untuk memilah sampah ditampilkan dalam gambar di atas.

Penulis:
Eddy Soejono, PhD
Teknik Lingkungan – ITS

Berita Terkait