ITS News

Kamis, 26 September 2024
08 Juli 2008, 23:07

Empat PKM dan Satu KKTM Lolos Pimnas

Oleh : Dadang ITS | | Source : -

Keempat judul yang lolos berasal dari PKM bidang kewirausahaan, penerapan teknologi,serta pengabdian masyarakat. Khusus untuk PKM penerapan teknologi,ITS berhasil meloloskan dua proposal sekaligus.

Dalam PKM penerapan Teknologi ini mahasiswa ITS membuat alat penentu arah kiblat serta alat kupas telur puyuh. Kedua alat ini menggunakan mikrokontroler sebagai pengontrol mekaniknya. Judul dari kedua PKM ini adalah, Perancangan Dan Pembuatan Alat Penentu Arah Kiblat Elektronik Berbasis Mikrokontroler.

Berikutnya yang juga lolos adalah Rancang Bangun Alat Pengupas Telur Puyuh Rebus dalam Jumlah Banyak untuk Pengusaha Penyedia Telur Puyuh Rebus sebagai Bahan Baku Makanan Catering dan Restoran Berbasis Mikrokontroler At89s52 sebagai pengontrol mekaniknya. Kedua proposal ini diajukan oleh mahasiswa Teknik Elektro.

Di Bidang Pengabdian Masyarakat,daerah Keputih menjadi tempat pelaksanaan Gubug Pintar yang dirancang sebagai tempat belajar yang mengasyikkan bagi anak-anak di sana. Program yang diajukan ini berjudul Gubuk Pintar sebagai Sarana Belajar Mengajar yang Mengasyikkan bagi Pelajar SD di Daerah Keputih Sukolilo Surabaya.

Di bidang Kewirausahaan ITS juga tak ketinggalan. Mengangkat hasil penelitian menjadi sebuiah produk yang prospektif menjadi latar belakang program. Produk yang diusung adalah sirup Apple Mangrove yang tahun kemarin juga menjadi bahan penelitian lima mahasiswa Biologi ITS.

Program kewirausahaan ini berjudul Merintis Wirausaha Baru Melalui Pembuatan Sirup Apple Mangrove sebagai Minuman Menyegarkan dan Menyehatkan Untuk Bisnis Yang Prospektif dan Feasible dengan Berbasis Home Industri.

Satu Karya Tulis Bidang IPS Juga Lolos Pimnas
Selain PKM dan PKMI ITS juga mengirimkan satu wakilnya di bidang Kompetisi Karya Tulis Mahasiswa. Setelah melalui seleksi tingkat fakultas dan Institut, Wakil ITS di bidang Ilmu pengetahuan Sosial (IPS) juga mampu lolos terus hingga tingkat nasional.

Karya tulis tersebut berjudul Penerapan Konsep Telecommuting Untuk Mereduksi Mobilitas Penduduk di Surabaya yang di buat oleh mahasiswi Perencanaan Wilayah Kota, Sri Oka Rahmadita dan Asmaul Husna.

Kini para wakil ITS ini harus bersiap untuk menghadapi Pimnas. ”Minggu ini kami berlatih presentasi sama dengan wakil ITS lainnya,” ujar Asmaul Usna.
wakil ITS di Pimnas ini nantinya memang harus meyakinkan juri lewat presentasi hasil karya mereka. Khusus untuk PKM, nantinya wakil ITS juga harus menampilkan dan mendesain poster program mereka.(yud/rif)

Berita Terkait