ITS News

Jumat, 27 September 2024
10 Juli 2008, 22:07

ITS Canangkan Corporate Social Resposibility

Oleh : Dadang ITS | | Source : -

Bertempat di Medical Center ITS, program CSR telah diresmikan. Program tersebut mempunyai sasaran untuk masyarakat. Kegiatannya bersifat sosial, ekonomi, dan lingkungan. Dalam bidang kesehatan dilaksanakan program pendidikan Kader Posyandu oleh Medical Center. Sedang di bidang ketahanan masyarakat akan diadakan pelatihan pengolahan komposting, sosialisasi hemat energi, pelatihan pemasangan dan perawatan CDI multispark bagi bengkel-bengkel sepeda motor, hingga pelatihan peningkatan kualitas guru sekolah di bidang IPTEKS.

Selain itu, CSR juga hadir dalam bentuk teknologi tepat guna. Hal ini meliputi mengkonversi air payau menjadi air tawar, bagaimana mengimplementasikan energi alternatif berbasis potensi alam sekitar, pelatihan, hingga bagaimana mengoptimalkan fasilitas internet ITS dalam membangun ”Kelurahan Cyber”. Dalam menjalankan program eco-campus sendiri, ITS merancang sistem daur ulang air limbah domestik.

Dalam sambutannya, Probo, mengajak pimpinan ITS agar ikut berhemat energi. Probo menganjurkan agar dapat menghemat hingga sepuluh liter per bulan untuk setiap mobil. Ia menyarankan agar kehilangan sepuluh liter tersebut diganti dengan berepeda.

Dalam launching ini juga didemokan alat paten temuan ITS berupa CDI multispark multipurpocess. Dalam demo tersebut, ketiga pembuat, yakni Dr Ir Bambang Sampurna, Prof I Nyoman Sutantra, dan Ir M Harly turut memeragakan cara kerja alat ini. Mereka dibantu mahasiswa-mahasiswa yang sedang menyelesaikan TA tentang CDI.

Selain lebih hemat, CDI juga ramah lingkungan. Jika memakai CDI, pembakaran motor akan lebih sempurna. Hal ini menyebabkan gas buang kendaraan bermotor tersebut menjadi lebih ramah lingkungan. Kini ITS sedang meneliti tentang digital multisparks close loop dan komputer riset multisparks CDI. (nrf/rif)

Berita Terkait