ITS News

Kamis, 26 September 2024
11 Juli 2008, 10:07

Posyandu Gratis bagi Seratus Pasien

Oleh : Dadang ITS | | Source : -

Sekitar pukul 09.00 WIB, Jumat (11/7) sudah ada beberapa ibu muda yang menggendong anaknya di depan Medical Center untuk diperiksakan di Posyandu Gratis. Posyandu Gratis ini merupakan serangkaian kegiatan Corporate Social Responcibility (CSR) ITS yakni program yang ditujukan untuk masyarakat, sehingga kegiatannya pun bersifat sosial, ekonomi, dan lingkungan.

Posyandu gratis, yang dilaksanakan selama dua hari ini, hanya bisa dinikmati oleh masyarakat yang kurang mampu disekitar lingkungan ITS, yakni Keputih, Gebang, dan Perumdos ITS (Perumahan Dosen ITS). “Untuk Posyandu gratis kali ini, kami hanya menyebarkan seratus undangan untuk masyarakat,yang kami salurkan lewatkan kelurahan masing-masing,” papar Sulastri AMd Keb, salah satu petugas kesehatan di acara ini.

Pelayanan yang diberikan kepada setiap pasien pun berbeda dengan posyandu yang lainnya. Tak hanya dilakukan penimbangan berat badan pasien ataupun pemerikasaan kesehatan pasien. Tetapi juga pasien mendapatkan makanan tambahan, seperti vitamin ataupun makanan bayi.

Di hari pertama Posyandu Gratis, peminat posyandu ini bisa dikategorikan banyak, sekitar 56 Ibu-Ibu muda memeriksakan anaknya. Menurut Sulastri, hampir semua balita yang diperiksakan mengalami sakit ringan, yakni batuk dan pilek. “Untuk pemeriksaan di hari pertama, sekitar 15 pasien balita menderita sakit batuk dan pilek, tapi secara keseluruhan pasien-pasien tersebut tidak ada yang menderita gizi buruk,dan bisa dikategorikan balita sehat,” Lastri menegaskan.

Lastri juga menambahkan, kegiatan Posyandu gratis ini, sudah menjadi kegiatan bulanan Medical Center bekerja sama dengan Balai Kesehatan Ibu Anak (BKAI). Akan tetapi untuk Posyandu Gratis kali ini, menggunakan konsep yang berbeda, dengan mengundang langsung para pasien, yang disebarkan lewat kantor kelurahan.

Dan kegiatan Posyandu kali ini, banyak mendapat apresiasi yang cukup baik dari orang tua pasien. “Alhamdulillah, ada Posyandu ini, jadi saya bisa memeriksakan anak saya yang sakit,” papar salah satu orang tua pasien. (st/rif)

Berita Terkait