ITS News

Jumat, 27 September 2024
29 Juli 2008, 14:07

P3AI Gelar Workshop Penulisan Buku

Oleh : Dadang ITS | | Source : -

Tak tanggung-tanggung, workshop yang berlangsung selama dua hari ini dihadiri oleh 42 dosen dan guru dari berbagai institusi pendidikan diantaranya, Poltek Negeri Bali, UPN Veteran Yogyakarta, SMA Santa Maria Surabaya dan STIKES Banyuwangi. Mereka semua adalah peserta pilihan. Memang, untuk ikut acara ini seorang peserta diwajibkan telah memiliki draft buku yang suatu saat bisa diterbitkan.

Dipandu oleh Dr Ir Imam Robandi MT, dosen Teknik Elektro ITS, peserta mengikuti sesi bertema Kendala dan Motivasi Penulisan. Dalam sesi tersebut, Imam menegaskan bahwa menulis itu butuh proses, tidak serta merta langsung jadi. “Semua butuh proses. Angka lima tidak datang dari angka satu tapi angka lima itu selalu datang dari angka empat,"” ujarnya memotivasi peserta.

Adapun kendala yang sering dihadapi oleh peserta saat menulis adalah kesulitan dalam menuangkan ide. Seperti pengakuan Yohana Murniasih SPd, peserta dari SMUK St. Louis I. "Saya selalu menyediakan pena dan kertas di rumah untuk menuliskan apa yang tiba-tiba terlintas di pikiran saya.” ujar dosen yang sudah menerbitkan buku best seller Becoming The Winner ini.

Workshop Penulisan Buku Diterbitkan ini diadakan oleh P3AI dengan menggandeng penerbit buku terkemuka seperti PT Gramedia Widiasarana Indonesia dan PT Elex Media Komputindo. Ir Syamsul Arifin MT, dosen Teknik Fisika ITS, mengungkapkan bahwa digandengnya penerbit tersebut bertujuan untuk memudahkan peserta yang ingin menjalin kerja sama. "Alangkah megahnya jika logo ITS dan logo penerbit bertaraf nasional bisa bersanding di sebuah sampul buku!" tutur Syamsul yang juga menjadi trainer penulisan buku ajar ini.(m4/f@y)

Berita Terkait