ITS News

Jumat, 27 September 2024
02 Agustus 2008, 20:08

Hari Pertama Pendaftaran Mahasiswa Baru

Oleh : Dadang ITS | | Source : -

Kampus ITS, ITS Online – Sabtu (2/8) kemarin merupakan hari pertama pendaftaran ulang bagi seluruh mahasiswa baru ITS. Alur pendaftaran tidak berbeda seperti tahun-tahun sebelumnya. Hal dijelaskan oleh Setiawan, petugas entry data daftar ulang mahasiswa baru. Perbedaan dari tahun sebelumnya adalah pendaftaran secara online bagi mahasiswa D3. Tahun kemarin, pendaftaran masih dilakukan secara langsung.

"Tetapi ada beberapa mahasiswa D3 yang langsung ke sini, mungkin masih belum percaya dengan sistem online,"lanjut Setiawan

Alur pendaftaran yaitu dimulai dari tes kesehatan yang dilakukan di Medical Center, kemudian pembayaran daftar ulang di bank BNI, dilanjutkan ke BAAK untuk memenuhi administrasi yang dibutuhkan. Setelah memenuhi administrasi mereka akan mendaftar tes TOEFL untuk keperluan kuliah.

"Tes TOEFL bagi mahasiswa dari jalur PMDK dan kemitraan akan dilaksanakan tanggal 11 Agustus, sementara bagi mahasiswa yang berasal dari jalur SNMPTN, D3, LJ, dan Despro akan dilaksanakan mulai tanggal 12 sampai 14 Agustus" terang Lita dan Retno, petugas stan yang menjaga pendaftaran TOEFL bagi maba

Selain mendaftar ulang, para mahasiswa baru juga dapat memesan jaket almamater pada stan-stan yang telah disediakan di beberapa tempat.

Pendaftaran ulang tahun ini memang tidak menyulitkan bagi para mahasiswa baru karena petunjuknya telah disediakan. Namun tak sedikit yang masih agak bingung dengan alur ini.

"Sistem daftar ulang tahun ini sama dengan tahun sebelumnya. Kalau memang ada yang bingung mungkin karena pelaksanaan daftar ulang D3, Depsro, SNMPTN, dan LJ dilaksanakan secara bersamaan. Maklum mereka kan masih baru," ucap Indah, petugas yang juga menjaga entry data

STAN bagi Mahasiswa Baru

Agar mahasiswa baru mendapat informasi yang cukup mengenai jurusannya, dibuka juga stan-stan dari beberapa jurusan yang menyediakan berbagai info.

"Kita menyediakan brosur, buletin, souvenir, snack, dan majalah" ucap Risa, mahasiswi Teknik Kimia yang membuka stan di sebelah BAAK

Tetapi beberapa stan terlihat sepi. Hal ini dikarenakan banyak mahasiswa baru yang masih melaksanakan daftar ulang dan sedang sibuk mengisi data yang dibutuhkan untuk keperluan daftar ulang.

Berita Terkait