ITS News

Sabtu, 28 September 2024
27 Agustus 2008, 20:08

Sambut Ramadhan dengan Teladani Puasa Rasul

Oleh : Dadang ITS | | Source : -

Ramadhan sebentar lagi tiba. Berbagai persiapan pun dilakukan untuk menyambut datangnya bulan penuh hikmah tersebut. Atas dasar tersebut Divisi Tablighul Islam (TI) Departemen Syiar JMMI mengadakan Kajian Awal Bulan (KALBU) bertemakan Meneladani Puasa Rasul SAW. Kajian yang diadakan pada hari Rabu (27/8) di Masjid Manarul Ilmi (MMI) bermaksud agar para mahasiswa mengoptimalkan bulan Ramadhan.

Puluhan mahasiswa ITS terlihat antusias dalam mengikuti kajian yang digelar di ruang utama MMI, Rabu (27/8) kemarin. Dalam kajian tersebut, turut hadir sebagai pembicara Ustad Abdurrahman Thayib. Abdurrahman menghimbau agar para mahasiswa memanfaatkan momen Ramadhan sebaik-baiknya. “Ramadhan sebagai madrasah untuk mengembangkan hidup kita dengan taubatan,” papar Abdurrahman.

Dalam kajian tersebut diabahas beberapa materi. Diantaranya adalah keutamaan puasa, hukum puasa, persiapan menjelang puasa, tata cara puasa, dan hal-hal yang dapat membatalkan puasa Ramadhan. Dari penjelasan mengenai hal-hal tersebut, terungkap bahwa banyak paradigma masyarakat yang tidak sesuai dengan ajaran Rasulullah. “Kita dianjurkan menyegerakan berbuka dan mengakhirkan sahur. Masyarakat banyak yang tidak mengerti hal tersebut,” imbuh Abdurrahman.

Kajian kali ini merupakan yang pertama kalinya digelar JMMI sejak liburan semester ganjil beberapa waktu lalu. “Kajian ini digelar untuk menyemarakkan Ramadhan dan agar mahasiswa mengikuti puasa Rasul,” ungkap Tri Rahmawati selaku Ketua Divisi TI JMMI.

“Acara ini bagus karena membantu kita mengingat kembali puasa ala Rasul,” ujar Ika, salah satu peserta. Selain kajian ini, JMMI juga menggelar acara Gerakan Membangun Akhlak Pada Bulan Ramahan (GEMA) dalam rangka menyambut bulan suci. Rencananya GEMA akan digelar Kamis (28/8). (nrf/ap)

Berita Terkait