ITS News

Sabtu, 28 September 2024
28 Agustus 2008, 10:08

JMMI Gelar Pawai Simpatik Sambut Ramadhan

Oleh : Dadang ITS | | Source : -

Untuk membuka kegiatan RDK ’29, pada hari Jumat (28/8) yang lalu JMMI mengadakan acara dengan tajuk Gerakan Membangun Akhlak di Bulan Ramadhan (GEMA Ramadhan). Acara ini dimulai dengan pawai simpatik yang melibatkan seluruh Keluarga Mahasiswa ITS. Seperti kajian jurusan, BEM tingkat fakultas, dan BEM Institut. Pawai yang diikuti oleh 45 putera dan 22 puteri ini mengambil jalur di sekitar kampus ITS. Pada beberapa titik yang dianggap strategis, para peserta putera pun melakukan orasi dengan tema penyambutan bulan suci ramadhan.

Peserta pawai yang melakukan orasi pada kesempatan kali ini di antaranya adalah ketua Himatekla dan Himasiskal. Tak ketinggalan pula ketua kajian jurusan dari Biologi, Sistem Informasi, Fisika MIPA dan Material. Selain itu ada juga beberapa perwakilan dari beberapa jurusan di ITS.

saat melakukan orasi, Syamsul Bachri, yang juga mejabat sebagai Ketua Himpunan mahasiswa Teknik Kelautan mengatakan bahwa mempersiapkan fisik dan ruhani merupakan aspek penting menyambut datangnya Ramadhan. "Semoga bulan Ramadhan kali ini dapat kita mafaatkan secara maksimal demi menuju perbaikan diri," ujar Syamsul bersemangat.  

Ketika peserta pawai sampai pada gedung Rektorat ITS mereka kembali melakukan orasi. Dalam orasinya dibacakan pernyataan sikap Lembaga Da’wah Kampus JMMI TPKI ITS, yang terdiri dari empat point. Salah satunya adalah meminta pihak Rektorat untuk turut serta menjaga nilai-nilai Islam dan menindak tegas segala pelangaran yang bisa menimbulkan imej negatif di masyarakat. Dihimbau juga kepada Keluarga Mahasiswa ITS untuk bersama-sama menghidukan suasana bulan Ramadhan dengan berpartisipasi aktif dalam mengikuti kegiatan RDK ’29 dan tidak mengadakan kegiatan yang kontradiktif dengan momen Ramadhan.

Selain melakukan orasi, para peserta juga turut mebagikan souvenir yang berkaitan dengan pewacanaan penyambutan bulan Ramadhan. Seperti stiker, pembatas buku dan juga jadwal imsakiyah yang dibagikan pada pengguna jalan yang lewat.

"Hal ini dilakukan agar mahasiswa ingat bahwa sebentar lagi bulan Ramadhan akan tiba," ujar Ashka Azhar Abadi selaku Koordinator aksi. Ketika ditanya mengenai latar belakang diadakannya pawai simpatik menyambut bulan Ramadhan, mahasiswa jurusan Teknik Bagunan Kapal dari PPNS ITS ini menghimbau agar segenap civitas mempersiapkan datangnya Ramadhan dengan baik.(az/ap)

Berita Terkait