ITS News

Rabu, 02 Oktober 2024
08 September 2008, 14:09

Lagi, ITS Akan Tambah Dua Guru Besar

Oleh : Dadang ITS | | Source : -

Dalam pidato pengukuhannya nanti, Imam Robandi akan menyampaikan karyanya yang berjudul Intelligent Control Strategies in Modern Electrical Power System. Sebuah perbaikan variabel listrik melalui kendali pintar dan strategi optimal ala hewan. Dengan ini, Imam akan dikukuhkan sebagai Guru Besar Bidang Ilmu Kendali Sistem Tenaga Listrik.

Kendali pintar yang coba dipakai Imam di sini adalah Lojik Samar, Jaring Syaraf (Neural Network), Sistem Kekebalan Tubuh (Immune System), dan Algoritma Genetika. “Kendali pintar ini akan memproses informasi dengan cepat dan akurat, sehingga permasalahan sistem dapat diselesaikan dengan energi minimal,” ungkap Imam.

Sedangkan strategi optimal ala hewan, Imam mengambil sampel koloni semut, kumpulan burung, dan koloni lebah. Dimana kesemuanya mampu menemukan sebuah jalan terpendek dalam mencari makanannya. “Tentu hal ini akan lebih menghemat energi,” tambah Imam lagi.

Sementara itu, Gamantyo Hendrantoro akan menyampaikan pidato ilmiahnya terkait Teknologi Komunikasi Nirkabel serta Perkembangan Terkini dan Peluangnya di Indonesia. Gamantyo pun akan dikukuhkan sebagai Guru Besar Bidang Sistem Komunikasi Nirkabel dan Propagasi Radio.

Fokus Gamantyo dalam karyanya adalah bagaimana orang dapat menyampaikan pesan multimedia kepada para rekannya dengan kapasitas, kualitas, dan keandalan tinggi sambil bergerak. Beberapa permasalahan yang disorotinya adalah terkait kecilnya kapasitas kanal, yaitu suatu komponen antara pemancar dan penerima dan kurangnya alternatif frekuensi gelombang pembawa.

Selain itu, Gamantyo Hendrantoro juga tercatat sebagai Guru Besar termuda di civitas akademika ITS. Dengan usianya yang ke-37 tahun berhasil meraih gelar tertinggi dalam bidang akademik. (mtb/han)

Berita Terkait