ITS News

Sabtu, 28 September 2024
10 September 2008, 15:09

Hermawan Kertajaya Hadiri Pengukuhan Guru Besar

Oleh : Dadang ITS | | Source : -

Dalam sambutannya, Rektor ITS Priyo Suprobo secara langsung meminta kepada Hermawan Kertajaya agar berkenan singgah sebentar setelah pengukuhan. “Banyak yang perlu didiskusikan. Mumpung di sini!” ujar Priyo sedikit bercanda. Hermawan Kertajaya memang dikenal jarang memiliki waktu luang. Seperti biasa, pengukuhan kali ini juga dihadiri oleh M Noer, mantan Gubernur Jawa Timur yang saat ini menjadi Dewan Penyantun ITS.

Dengan bertambahnya dua guru besar dari Fakultas Teknologi Industri, kini FTI memiliki 27 guru besar. Imam dan Gamantyo juga menambah daftar guru besar yang ada di Teknik Elektro menjadi 10 guru besar.

Priyo Suprobo juga menyampaikan, lima tahun mendatang atau pada tahun 2013, ITS dituntut untuk paling tidak memiliki 350 pengajar bergelar doktor. Dari jumlah tersebut, idealnya ITS memiliki 200 guru besar. Saat ini, ITS baru memiliki 189 doktor yang merupakan bahan baku sebelum menjadi guru besar. “Butuh setidaknya 32 doktor baru setip tahunnya untuk mencapai jumlah yang diinginkan,” tegas Probo lagi.

Tak henti-hentinya, Probo juga menghimbau kepada pengajar lain untuk sesegera mungkin mengurus kepangkatannya. Dirinya juga mengharap akselerasi dengan banyak menggalakkan penelitian dan seminar-seminar baik taraf nasional maupun internasional.

Secara khusus Probo berpesan kepada kedua gubes yang baru dilantik agar tidak berhenti berkarya. Apalagi keduanya berasal dari jurusan yang diamanahi Dikti bersama sembilan jurusan lain di ITS untuk Go Internasional. (mtb/han)

Berita Terkait