ITS News

Minggu, 29 September 2024
16 September 2008, 21:09

Ramadhan Ceria, Kenalkan Ramadhan Sejak Dini

Oleh : Dadang ITS | | Source : -

Tidak kurang dari 40 anak asuh yang dibina melaluli Program Kakak Asuh (PKA) JMMI mengikuti acara RC kali ini. Mereka sebagian besar berumur antara 6 hingga 15 tahun dan berasal dari lingkungan sekitar ITS, seperti Keputih, Gebang, dan Kejawan Gebang.

Makna puasa adalah materi pembuka untuk acara tersebut. Pada sesi ini, anak – anak di beri tahu segala hal yang berkaitan dengan puasa Ramadhan. Mulai dari arti puasa, hal yang tak boleh di lakukan saat puasa, sampai alasan mengapa kita harus berpuasa.

Menurut Putri Lestari, Koordinator Putri Departemen Peduli Ummat (DPU) JMMI, kebiasaan untuk berpuasa harus di tanamkan sejak kecil. Tujuannya agar saat dewasa nanti mereka sudah terbiasa menjalaninya dan mengerti makna dari puasa itu sendiri. ”Tentunya dengan penyampaian yang disesuaikan untuk tingkat anak-anak agar lebih mengena," ujar Putri.

Setelah materi Makna Puasa, acara dilanjutkan dengan menonton film dan permainan. Walaupun permainan kali ini dilaksanakan di outdor dan peserta sedang menjalani ibadah puasa, tidak berarti mengurangi kelincahan para peserta.

"Acara ini memang kita suguhkan seatrakif mungkin agar mereka merasakan bahwa puasa itu menyenangkan . Selain itu juga untuk membuktikan bahwa mereka mampu menjalani puasa sehari penuh," ujar Putri.

Kegiatan RC 1429 ini berlangsung hingga menjelang waktu Maghrib. Setelah adzan berkumandang, kegiatan dilanjutkan dengan buka puasa bersama. ”Alhamdulillah, target kita tercapai. Semua adik–adik di sini berhasil menjalankan ibadah puasa sehari penuh," pungkas Putri yang juga mahasiswi Statistika 2005 ini.(Az/f@y)

Berita Terkait