ITS News

Minggu, 29 September 2024
23 September 2008, 21:09

LMZIS Buka Posko Penerimaan Zakat

Oleh : Dadang ITS | | Source : -

Dalam hal ini, LMZIS meluncurkan slogan Zaskia (zakat sucikan hati kita, Red). Sebuah stand di serambi utara masjid Manarul Ilmi pun dibuka 24 jam untuk memberikan pelayanan kepada jamaah yang ingin membayar zakat. Bahkan bukan hanya zakat fitrah tetapi juga bentuk zakat dan shadaqoh lainnya.

LMZIS sendiri tidak pernah menargetkan jumlah zakat yang diterima. “Hanya saja, dari data per tahun biasanya bisa terkumpul 2 ton beras dari zakat fitrah, sedangkan dari zakat maal sekitar 60 hingga 70 juta,” ujar Budi Prasojo, Ketua LMZIS.

Budi menambahkan bahwa hasil pengumpulan zakat di bulan Ramadhan biasanya meningkat dari tahun ke tahun. LMZIS menerima 2,5 liter beras atau uang senilai Rp 15 ribu untuk tiap wajib zakat. “Namun panitia tidak menyalurkan zakat tersebut dalam bentuk uang, nantinya uang itu dibelikan beras,” tegasnya.

Nantinya, lanjut Budi, zakat tersebut akan dibagikan pada tiap-tiap keluarga yang memang sudah terdata sebelumnya. Data tersebut sudah diverifikasi untuk memastikan kelayakan penerima zakat. “Dari zakat yang terkumpul akan disalurkan pada keluarga miskin, tiap keluarga mendapat jatah 5 kilogram,” tambahnya.

Adapun untuk penyaluran zakat maal, LMZIS lebih memfokuskan pada bidang pendidikan, “Kami menyalurkannya dalam bentuk beasiswa yang diberikan kepada mahasiswa yang mengalami kesulitan biaya dalam menjalani kuliah di ITS,” ujar Budi. Selain itu, imbuhnya, LMZIS juga menyalurkannya dalam kegiatan keislaman yang diadakan lembaga kemahasiswaan. (bah/f@y)

Berita Terkait