ITS News

Minggu, 29 September 2024
23 Oktober 2008, 03:10

OSN-PTI 2008 Terbuka Untuk Seluruh Mahasiswa S1

Oleh : Dadang ITS | | Source : -

OSNPTI-2008 adalah sebuah ajang kompetisi sains tingkat nasional yang dikhususkan bagi perguruan tinggi baik negeri maupun swasta di seluruh wilayah Indonesia. Untuk itu sebagai mitra lokal di propinsi Jawa Timur, ITS memfasilitasi para peserta lomba untuk mengetahui seluk beluk perlombaan di Gedung Rektorat, Kamis(24/10).

Acara sosialisasi ini dihadiri oleh kurang lebih 60 peserta dari tiga perguruan tinggi negeri terkemuka di Jawa Timur, yakni Universitas Airlangga (Unair), Universitas Negeri Surabaya (Unesa) dan ITS. Selain mendapatkan keterangan lebih lanjut tentang ajang sains bergengsi ini, para peserta juga mendapatkan silabus dari bidang yang akan dilombakan.

Adapun disiplin ilmu yang dilombakan diantaranya adalah Matematika, Fisika serta Kimia. “Biologi dalam OSN-PTI kali ini tidak diikutsertakan, selain karena OSN-PTI baru pertama kali, kami juga terbentur masalah dana,” tutur Syamsu Rosid, yang juga menjabat sebagai sekretaris dalam OSN-PTI 2008.

Acara yang diprakarsai oleh Universitas Indonesia ini dapat diikuti oleh seluruh mahasiswa tahap sarjana dari berbagai jurusan. “Mengingat jumlah mahasiswa sains tidak begitu banyak, maka kami pun selaku panitia tidak menutup bagi mahasiswa dari jurusan lain (bukan sains, Red) yang berkeinginan untuk mengikuti perlombaan ini,” jelas Syamsu.

Babak penyisihan OSN-PTI akan dilaksanakan serentak di seluruh mitra lokal, salah satunya ITS, tepatnya 3 November 2008, dan kemudian akan diambil 33 peserta untuk mengikuti babak selanjutnya. Masih menurut Syamsu, OSN-PTI kali ini juga memberikan kuota bagi mahasiswa untuk dapat mewakili dari tiap propinsinya. “Tapi, jika lebih banyak mahasiswa, dari segi penilaian lebih bagus, tentu mereka kami utamakan,” tambah dosen Fisika FMIPA,Universitas Indonesia ini.

Dan untuk menghadapi perlombaan tersebut mahasiswa ITS khususnya akan diberikan pembekalan terlebih dahulu. “Agar peserta lebih matang di perlombaan nanti, kami akan memberikan pembekalan bagi peserta tentunya dari tentor yang sehingga mereka dapat mengerjakan tes dengan maksimum, hingga nantinya dapat mewakili ITS dalam ajang sains kali ini,” tutur Drs Bandung Arry S MIkomp, PD III FMIPA.

Dan setelah babak final akan di ambil sembilan peserta untuk memperebutkan hadiah total sebesar Rp. 135 juta, yang akan diserahkan kepada pemenang tepat pada tanggal 10 November 2008. (st)

Berita Terkait