ITS News

Minggu, 29 September 2024
31 Oktober 2008, 17:10

Galang Daya Saing Nasional Lewat Industri Kreatif

Oleh : Dadang ITS | | Source : -

Menurut ketua pelaksana acara Ellya Zulaikha ST MSn, inti dari seminar ini adalah untuk melihat animo audiens akan pembentukan Fakultas Desain dan Industri Kreatif di ITS. Dalam seminar ini diundang lima jenis audiens yaitu dari kalangan asosiasi, pemerintah, industri, akademisi, hingga media massa. Kalangan pemerintah sendiri diwakili oleh Departemen Perindustrian dan Perdagangan sedangkan dari kalangan industri salah satunya diwakili oleh RH Santosa Doellah, pemilik usaha batik Danar Hadi.

Ellya menjelaskan, industri kreatif sendiri adalah sebuah jenis industri yang tidak membutuhkan banyak modal dalam bentuk uang tetapi lebih mengutamakan modal dari sisi sumber daya manusianya. Menurutnya, industri kreatif bisa digolongkan dalam gelombang ekonomi keempat yaitu radical innovations. "Radical innovation ini adalah inovasi yang dapat merubah modalitas dalam interaksi dan perilaku sosial secara radikal dengan jalan memanfaatkan iptek," jelas Ellya.

Salah satu pembicara yang menarik dalam seminar ini adalah Imam Buchori Zainuddin, Dekan Fakultas Seni Rupa Dan Desain ITB. Imam menyoroti peran industri, perguruan tinggi, dan pemerintah dalam menggalang daya saing nasional di bidang desain dalam konteks industri kreatif. Penulis beberapa buku tentang desain ini juga menyebut fragmentasi keilmuan sebagai masalah nasional. Menurutnya, fenomena ilmu sosial versus ilmu alam dan versus ilmu seni sering kali merugikan inovasi. "Ini perlu diselesaikan untuk memajukan national competitiveness," tutur Imam.

Imam juga menyebutkan, selain perguruan tinggi yang berkewajiban memproduksi sarjana berkualitas, pihak industri juga berkewajiban untuk memberikan akses yang luas untuk membangun kesadaran akan pentingnya desain. Serta pemerintah yang memberikan peran yang lebih besar pada Pusat Desain Nasional (triple helix).

Pada seminar yang bertempat di Ruang Seminar Lantai 3 Gedung Rektorat ini dipajang beragam karya mahasiswa Despro ITS dalam bentuk pameran mini. Contohnya, comic strip, children book, hingga corporate branding karya mahasiswa prodi Desain Komunikasi Visual. Tak ketinggalan pula beragam maket dari prodi Desain Interior dan Desain Produk. Karya-karya yang dipajang ini merupakan karya yang mendapatkan nilai terbaik hingga karya tugas akhir. (tyz/f@y)

Berita Terkait