ITS News

Senin, 30 September 2024
07 November 2008, 10:11

25 Mahasiswa Terima Beasiswa AHM

Oleh : Dadang ITS | | Source : -

Untuk kali pertama Yayasan AHM memberikan bantuan beasiswa kepada mahasiswa ITS.Belum sampai disitu dari sekitar 161 mahasiswa yang mengajukan, hanya 25 mahasiswa terpilih yang berhak mendapatkan beasiswa tanpa ikatan dinas ini.Karena seleksi ini diurut berdasarkan rangking IPK dan prioritas jurusan, jadi tidak mengherankan jika rata-rata mahasiswa penerimanya memiliki IPK lebih dari 3,5.

“Dari 161 mahasiswa yang kita ajukan, hanya diterima 25 orang. Sehingga wajar kalau rata-rata IPK mahasiswa penerima mencapai 3,5 lebih, ”ujar Surachmad selaku Kasubbag Pelayanan Kesejahteraan Mahasiswa Badan Admistrasi dan Akademik Mahasiswa (BAAK) ITS.

Para penerima beasiswa ini akan mendapatkan fasilitas berupa gratis SPP dan Ikoma. Selain itu mereka juga mendapat uang buku selama kuliah di ITS dengan syarat bisa mempertahankan IPK minimal 3,00 setiap semesternya. Sehingga nominal yang didapatkan bisa berbeda-beda dari setiap mahasiswa, tergantung dari kebutuhan buku tiap semesternya. Dari sini diharapkan bisa menumbuhkan semangat untuk belajar dan berprestasi dari kalangan para penerima beasiswa karena setiap semester akan dilakukan evaluasi.

“Beasiswa ini memberi jaminan gratis SPP, Ikoma serta uang buku yang disesuaikan dengan kebutuhannya per semesternya selama bisa mempertahankan IPK di atas 3,” ungkap Dody Nurdiansyah, salah satu penerima beasiswa dari jurusan Teknik Sistem Perkapalan.

Bertempat di ruang sidang Rektorat, dilakukan acara seremoni serah terima besiswa yang dihadiri oleh beberapa perwakilan dari Yayasan AHM, Prof DR Suasmoro selaku Pembantu Rektor III, beberapa staff BAAK serta ke-25 penerima mahasiswa. Pihak Yayasan AHM berharap bagi para penerima beasiswa untuk selalu semangat dan berprestasi dalam menempuh pendidikan di ITS ini. Hal tersebut juga diamini oleh Suasmoro.

“Selain tuntutan untuk berprestasi, sangat saya harapkan para penerima beasiswa ini bisa menghasilkan karya yang nantinya bisa berguna bagi kesejahteraan bangsa dan negara,” tambah mantan dekan FMIPA dua periode tersebut.

Mengingat di ITS terdapat jurusan Teknik Mesin yang lulusannya banyak yang bekerja di PT Astra, maka selain memberikan beasiswa Yayasan AHM juga memberikan bantuan. Bantuan tersebut berupa hibah suatu mesin yang diserahkan langsung di jurusan Teknik Mesin. (m3/jie)

Berita Terkait