ITS News

Senin, 30 September 2024
10 November 2008, 11:11

Bangun ITS dengan Semangat Perjuangan

Oleh : Dadang ITS | | Source : -

Bertindak sebagai inspektur Upacara adalah Rektor ITS, Prof Ir Priyo Suprobo MS PhD. Probo menyampaikan amanat dari mentri Sosial RI yang menghimbau agar seluruh bangsa Indonesia turut memperingati jasa pahlawan nasional dan mengaplikasikanya pada kehidupan berbangsa dan bernegara. “Apalagi kepada civitas Akademika ITS, yang mana Institusinya sendiri menyandang nama Sepuluh Nopember “ tutur Probo.

Probo melanjutkan bahwa Semangat perjuangan juga bisa diaplikasikan lewat kehidupan kampus. Contohnya, Kampus ITS haruslah melahirkan anak didik dan lulusan yang cerdas, beriman, dan berguna bagi bangsa. Dalam bidang riset ilmiah pun, ITS harus menghasilkan output penelitian yang Kreatif dan Aplikatif. Diharapkan dapat Berguna bagi masyarakat luas. “Penelitian–penelitian di ITS pun haruslah mengamalkan nilai – nilai kepahlawanan,“ ungkap Probo kemudian.

Tidak hanya itu, Probo juga menghimbau kepada segenap civitas akademika untuk menerapkan semangat kepahlawanan. Salah satunya dengan cara melakukan pengabdian terbaik yang dapat diberikan kepada bangsa dan negara sesuai dengan profesi yang sedang dijalankan.

Upacara yang bertemakan Dengan Semangat Dan Nilai–nilai Kepahlawanan Tingkatkan Persatuan Dan Kesatuan Bangsa ini juga diisi dengan penyerahan penghargaan secara simbolis. Seperti, penghargaan Dwidya Satya Utama, Dwidya satya Madya dan Dwidya Satya Perdana. Dimana penilaian penghargaan ini ditinjau dari lamanya waktu pengabdian orang tersebut pada ITS.

Selain itu, ada juga penghargaan jurusan berkinerja terbaik. Juara umum jatuh kepada Jurusan Teknik Mesin diikuti olah Jurusan Statistika dan Teknik Industri. Dimana masing–masing memperoleh Juara Dua dan Juara Tiga.

Penghargaan bagi peneliti terbaik bidang energi tingkat institusi juga diumumkan pada saat yang bersamaan. Untuk peringkat satu jatuh kepada Dr Ir Mochammad Ashari MEng dari Jurusan Teknik Elektro. Sedangkan peringkat dua di raih oleh Dr Bambang Sudarmanta ST MT dari Jurusan Teknik mesin. Masing – masing berhak menerima Piagam penghargaan dan voucher dana penelitian lokal untuk tahun 2009. (az/mtb)

Berita Terkait