ITS News

Kamis, 03 Oktober 2024
10 November 2008, 06:11

Ratusan Siswa SMA Beradu Logika di NLC 2008

Oleh : Dadang ITS | | Source : -

NLC 2008 merupakan salah satu rangkaian Schematics 2008. Rutin digelar sejak 2001, lomba ini bertujuan untuk mengenalkan jurusan Teknik nformatika kepada masyarakat khusunya siswa-siswi SMA dan sederajat. “Logika matematika merupakan dasar dari Ilmu Informatika, karenanya kami berupaya mengenalkan ilmu informatika lewat lomba ini," ujar Alfa Masgita Rahmat selaku Ketua Panitia.

NLC 2008 menggunakan konsep baru, yakni menerapkan sistem online dan offline pada babak penyisihannya. Untuk sistem offline, kompetisi dipusatkan di kampus Teknik Informatika ITS dan dikhususkan bagi peserta dari wilayah Gresik, Bangkalan, Mojokerto, Surabaya, Sidoarjo, dan Lamongan (Gerbang Kertosusilo) serta kota-kota di Jawa Timur (Jatim) lainnya. Adapun sistem online diperuntukkan bagi peserta dari luar jatim dan dilakukan secara virtual lewat internet.

Meski memiliki bobot soal yang lumayan, NLC ternyata cukup membuat para siswa SMA tertantang. Buktinya, NLC 2008 diikuti oleh 990 siswa yang terbagi dalam 230 tim secara offline dan 100 tim secara online. Peserta online di antaranya berasal dari Jakarta, Tarakan, Bogor, dan Makasar. “Soal-soalnya cukup sulit, berbeda dengan yang saya pelajari di sekolah. Kebanyakan mengasah kita untuk berpikir cepat dan tepat," ujar Novita, peserta dari SMAN 3 Sidoarjo.

Selanjutnya, pengumuman peserta yang lolos penyisihan diumumkan pada hari itu juga. Tepat pukul 13.00, para peserta tampak berjubel mengerumuni papan pegumuman di lantai 1 dan 2. “Alhamdulillah, kelompok kami lolos, padahal kami tidak ada persiapan sebelumnya untuk mengikuti lomba ini," kata Ardianto, siswa SMAN2 Surabaya, yang didampingi dua anggota timnya, Rangga dan Mahmud.

Tercatat, sebanyak 70 tim lolos dalam babak penyisihan tersebut. Mereka akan berjuang di babak semifinal dan final yang digelar pada hari Minggu depan (16/11) di gedung baru Teknik Informatika.(m2/f@y)

Berita Terkait