ITS News

Selasa, 01 Oktober 2024
29 November 2008, 05:11

n+i Network Tawarkan Beasiswa Prancis

Oleh : Dadang ITS | | Source : -

Menurut Pembantu Rektor (PR) IV ITS Ir Eko Budi Jatmiko Msc PhD, sejak dulu ITS mempunyai kerjasama aktif dengan kedutaan besar Prancis dalam hal beasiswa. Banyak staf ITS yang pernah menuntut ilmu di sana. Bahkan mantan rektor ITS, Prof Dr Ir Mohammad Nuh DEA mengambil magisternya di Prancis. “Tapi akhir-akhir ini hubungan kita merenggang. Maka, dengan ini saya berharap agar hubungan itu dapat terbina kembali," terang Eko saat pidato pembukaan.

Beasiswa ini juga mempunyai banyak keunggulan. Diantaranya, n+i Network memiliki jaringan dengan lebih dari 75 perguruan tinggi teknik di 41 kota di seluruh Prancis. Selain itu, ijazah yang didapat ketika lulus juga diakui secara internasional.

Salah satu program unggulan dari n+i Network adalah adanya program cultural integration, linguistic integration, dan methodological adaption bagi penerima beasiswa selama tujuh bulan pertama. Dalam program tersebut, tiap orang akan didampingi satu mentor.“Program ini akan membantu mahasiswa asing mempelajari dan beradaptasi dengan budaya sekitar,“ jelas Trotignon.

Dalam n+i Network, lanjut Trotignon, dikenal istilah program master “n+“ dan master “i“. Perbedaanya, program master “n+“ mencakup bidang keahlian yang lebih luas, yakni sains, teknik, dan management. “Sedangkan master “i“ akan ditujukan ke dalam bidang yang lebih spesifik yaitu scientific atau technological field," tegas Trotignon.

Dr Ketut Budha Artana MSc, ketua Internasional Office (IO) ITS, saat ditemui diakhir acara berpesan bahwa beasiswa ini tak hanya diperuntukan bagi pegawai negeri sipil tapi juga fresh graduate. "Jadi, jangan sia-siakan kesempatan yang ada," ujarnya.(Az/f@y)

Berita Terkait