ITS News

Jumat, 04 Oktober 2024
10 Desember 2008, 18:12

ITS Kembangkan Clean Energy Berskala Internasional

Oleh : Dadang ITS | | Source : -

Mengusung tema International and National Experience on Bridging the Gap Between the Opportunity and Reality, workshop pengembangan energi bersih ini menarik antusias insan di bidang energi. Tercatat puluhan dosen dan peserta dari berbagai instansi turut menghadirinya. Acara yang dibuka dengan sambutan hangat dari Prof Ir Priyo Suprobo MS PhD ini pun berjalan dengan lancar.

Beberapa pembicara langsung didatangkan dari instansi berskala internasional. Diantaranya, IED French, ZSW Germany, Asia Clean Tech Capital Singapore, MEM Laos dan masih banyak lagi. “Kalau berbicara soal energi, kita memang sudah seharusnya berbicara secara global,” ungkap Sarwono, Ketua Panitia workshop tersebut.

“Indonesia memang seharusnya sudah siap kalau diajak untuk melakukan pengembangan energi bersih ini, karena kita sudah punya semuanya (faktor-faktor produksi, red),” tambah Ketua Laboratorium Energi Teknik Fisika ini.

Menurut beliau, pemanfaatan energi terbarukan di Indonesia selama ini dirasa belum optimal. Padahal Indonesia mempunyai sumber daya energi terbarukan yang melimpah dan tersebar dari Sabang sampai Merauke.

Ke depannya, pengembangan energi bersih ini diharapkan dapat dikembangkan di Indonesia. “Sekarang dan tahun-tahun sebelumnya kita mungkin cuma dalam tahap pembicaraan dan perencanaan, tapi tahun depan akan kita optimalkan dalam tahap pelaksanaan,” ujar Sarwono. Dengan pengembangan tersebut, diharapkan juga mampu mengurangi masalah krisis energi secara global. (niv/han)

Berita Terkait