ITS News

Rabu, 02 Oktober 2024
11 Desember 2008, 04:12

Tambah dua lagi, ITS Miliki 80 Gubes

Oleh : Dadang ITS | | Source : -

Fakultas Teknologi Industri akan mempunyai dua guru besar lagi. Yakni I Made Londen Batan dan Sutardi. Keduanya resmi dikukuhkan menjadi Guru Besar ke 79 dan 80 pada rapat Terbuka senat ITS oleh Prof Ir Priyo Suprobo MS Ph D selaku Rektor ITS, Selasa (10/12) di Gedung Graha Sepuluh Nopember.

I Made Londen Batan resmi dikukuhkan menjadi Guru Besar dalam bidang Ilmu Perencanaan untuk Manufaktur. Dalam orasi ilmiahnya, Ia menyampaikan perihal Aplikasi Metode Perancangan untuk Manufaktur Sebagai Upaya Pengembangan Industri Manufaktur di Indonesia.

Pria kelahiran Sanur ini menjelaskan bahwa dengan metode Design for Manufacturing (DFM) pada proses desain produksi dapat menghasilkan produksi industri yang ekonomis. ”Metode DFM ini dapat diterapkan pada pengembangan pembuatan sepeda dan juga manufaktur produk apapun,” jelas pria yang disapa Londen ini.

Sementara itu, Sutardi yang juga dari teknik Mesin resmi dikukuhkan menjadi Guru Besar dalam bidang Mekanika Fluida. Pria kelahiran Ponorogo ini dalam penelitiannya mengangkat tentang fenomena mekanika fluida hingga pengontrolan batas turbulen. ”Pada era krisis energi seperti saat ini, penerapan fenomena mekanika fluida dapat dijadikan salah satu alternatif untuk meningkatkan efisensi kinerja mesin, sehingga penghematan energi pun dapat dilakukan,” tutur Sutardi di penghujung pidato ilmiahnya.

Di acara pengukuhan tersebut, Rektor ITS selaku Ketua Senat ITS dalam pidatonya juga menghimbau para guru Besar di ITS untuk tetap berkarya dengan penelitian-penelitiannya. ”Saya harap kepada Guru Besar baru untuk tetap berkarya dengan penelitian-peneliatianya bagi masyarakat bangasa dan negara. Dan untuk para rekan-rekan dosen yang masih program S3 untuk segera mengurus keprofesorannya,” himbau Rektor ITS.

Rektor ITS juga pun turut menyampaikan bahwa ITS telah menyepakati kerjasama dengan beberapa Universitas di Asia dan Eropa untuk melakukan penelitian bersama. Diantaranya dari Taiwan, ITS mendapatkan beasiswa untuk program S3 dalam bidang Computer Science dan bidang Geomatika. Kemudian dari SOKA University ITS mendapatkan kerjasama untuk penelitian di bidang lingkungan dan juga Satelit Komunikasi. ”Saya harap para rekan-rekan Dosen dan juga Guru Besar tertantang untuk melakukan penelitian dengan adanya kerja sama ini," harap Rektor saat menyampaikan sambutan pengukuhan.

Acara pengukuhan Guru Besar dari jurusan Teknik Mesin ini pun ditutup dengan sajian technoacoutik, yang memadukan sajian gamelan bali dengan alat musik akustik dari TPKH ITS. Sajian penutup dari TPKH ITS ini dibina langsung oleh I Made Londen Batan. (st/mtb)

Berita Terkait