ITS News

Selasa, 23 Juli 2024
11 Desember 2008, 05:12

Teknik Arsitektur Gelar Kompetisi Desain

Oleh : Dadang ITS | | Source : -

Ada 47 karya terbaik yang masuk dalam kompetisi tersebut. Rencananya, semua karya ini akan dipamerkan selama 13 hari ke depan di sepanjang koridor sekretariat Himpunan Mahasiswa Sthapati Arsitektur. Pameran bersifat terbuka bagi seluruh sivitas akademika ITS.

Wawan Ardiyan ST MT selaku ketua panitia mengungkapkan bahwa selain memiliki tujuan yang telah disebutkan di atas, diharapkan dengan adanya kompetisi ini mahasiswa arsitektur ITS akan selalu up to date pada perkembangan desain perguruan tinggi lain. “Jadi, kita usahakan agar jangan sampai mahasiswa kita ini ketinggalan,” ujarnya.

Lebih lanjut, dosen mata kuliah Komunikasi Arsitektur ini menuturkan bahwa acara ini juga sebagai pembuktian eksistensi Teknik Arsitektur ITS di kancah nasional. ”kita tak boleh hanya dikenal di Jatim," katanya.

Sedangkan dari hasil penjurian kompetisi, beberapa karya mahasiswa ITS di antaranya sukses menjadi nominasi terbaik. Salah satunya adalah karya berjudul Pusat Informasi Antariksa milik Rendi Pratama, mahasiswa angkatan 2004. Tim juri yang terdiri atas dua perwakilan Ikatan Arsitektur Indonesia, Popo Danes dan Ir Suleman serta satu dosen Arsitektur, Ir Harijono Sigit menobatkan karya Rendi sebagai juara III dalam kompetisi ini. "Saya mengangkat tema black hole. Idenya dari film-film bergenre action seperti Star Wars," ungkap Rendi.

Dimintai komentar tentang karya mahasiswa ITS yang lain, Rendi mengatakan, karya mahasiswa ITS tak kalah bagus dari karya-karya perguruan tinggi lain. "Hanya saja kita itu kurangnya percaya diri. Entah kenapa mayoritas mahasiswa ITS kurang optimis, kurang bisa menghargai dan percaya pada apa yang telah ia buat,” ujarnya.(vea/f@y)

Berita Terkait