ITS News

Jumat, 04 Oktober 2024
14 Desember 2008, 10:12

Melatih Kemampuan Enterpreneurship Dengan Bermain

Oleh : Dadang ITS | | Source : -

Melalui kegiatan ini, Departemen KWU bermaksud memberi kesempatan kepada warga Matematika untuk mengetahui lebih banyak mengenai enterpreneurship dan aplikasinya. "Acara ini perlu diadakan karena hingga saat ini bidang entrepreneurship belum menjadi bagian dari rencana masa depan para mahasiswa matematika setelah lulus nanti," papar Ketua Himpunan Mahasiswa Matematika, Achmad Subeqan.

Untuk mewujudkannya, panitia Training Real Enterpreneurship (TRE) mendatangkan empat pembicara yang sudah lama malang melintang di bidang enterpreneurship. Di hari pertama, para peserta TRE mendapat materi dari tiga pembicara handal. Tiga pembicara tersebut adalah eksekutif muda Aditya Sumantri SKom, penulis buku Best Seller FSQ Iman Supriono, dan desainer game cashway Suwandi ST.

Setelah mendapatkan banyak pengetahuan enterpreneurship, peserta TRE mendapat kesempatan untuk menerapkannya di hari berikutnya. Pada hari kedua, peserta TRE memainkan game cashway setelah mendapat motivasi ber-entrepreneurship dari Stefanus, mahasiswa yang sudah banyak makan asam garam di dunia usaha.

Game cashway yang mereka mainkan mirip dengan permainan monopoli. Namun, pada game cashway, pemain dihadapkan pada situasi-situasi nyata seperti mendapat gaji awal bulan, berkeluarga, memiliki gaya hidup, bersosialisasi, dan sebagainya. Namun yang menjadikan permainan ini seru dan cocok sebagai ajang aplikasi entrepreneurship adalah ketika pemain dihadapkan pada pilihan investasi untuk meraih impian mereka.

Pelatihan entrepreneurship tidak berhenti pada game cashway ini. Akan ada follow up berupa pembuatan bussiness plan setelah acara ini. "Apalagi Pak Suhardjupri (Pengusaha dan Dosen Matematika ITS, Red) siap membantu peserta mewujudkan bussiness plan yang implikatif dan realistis,” ungkap Suhaily Hassanal, Ketua Departemen Kewirausahaan HIMATIKA. (taw/mtb)

Berita Terkait