ITS News

Rabu, 02 Oktober 2024
18 Desember 2008, 16:12

Sesindo 2008, Sarana Publikasi Penelitian ICT

Oleh : Dadang ITS | | Source : -

Menurut ketua panitia Mujahidin MT, tujuan dari acara ini adalah sebagai forum dan sarana komunikasi bagi para peneliti dan praktisi dari kalangan dosen, mahasiswa, maupun masyarakat umum, dan memberikan kesempatan untuk mempublikasikan hasil penelitian atau penemuan terbarunya. “Di sini kami menyediakan suatu media untuk mempresentasikan hasil penelitian sekaligus mengaplikasikanya," papar dosen Sistem Informasi ini.

Dibuka oleh Dekan Fakultas Teknologi Informasi (FTIf) ITS, Prof Drs Ec Ir Riyanarto Sarno MSc PhD, Sesindo menghadirkan dua orang pembicara utama, yakni Ketua Asosiasi Perguruan Tinggi Informatika dan Komputer (APTIKOM) Pusat Prof Dr Ir Richardus Eko Indrajit MSc MBA dan Ir. Achmad Holil Noor Ali, MKom, Ketua Jurusan Sistem Informasi ITS yang juga merangkap Ketua APTIKOM Jawa Timur. Kedua pembicara ini memaparkan tentang perkembangan dan implementasi ICT dalam kehidupan sehari-hari.

Dalam sesi pembahasan 98 makalah yang masuk, Sesindo dibagi menjadi enam kelas paralel dengan tiga sesi pada tiap kelasnya. Wiwik Budiawan, salah satu pemakalah dari Undip, dalam sesi tersebut mempresentasikan makalahnya yang berjudul Pengembangan Sistem Pembelajaran Berbasis Internet (E-Learning) di Prodi Teknik Industri Undip. “Saya melakukan penelitian tentang E-Learning karena teknologi ini terbukti dapat mengurangi pemakaian kertas sehingga nantinya dapat meminimalisir penebangan hutan," tutur mahasiswa Teknik Industri Undip ini.

Anang Wahyu Hidayat SSt, juga seorang pemakalah, berkomentar bahwa Sesindo 2008 berdampak positif bagi para peneliti karena dengan begitu para peneliti berani mempresentasikan serta mengaplikasikan hasil penelitiannya.

“Apalagi saya lihat dari beberapa peserta ada yang mempunyai paper yang sangat bagus. Jika dapat diaplikasikan, itu akan menjadi proyek yang besar,” tutur guru SMKN 3 Buduran ini. (nay/f@y)

Berita Terkait