ITS News

Rabu, 02 Oktober 2024
21 Desember 2008, 21:12

Pelatihan Robosoccer, Siswa SMA pun Tak Ketinggalan

Oleh : Dadang ITS | | Source : -

Menurut Arif Aprianto, ketua panitia Pelatihan Robosoccer, acara ini diawali dengan materi-materi dasar rangkaian komponen elektronika yang berlangsung selama dua jam. “Sebelumnya, peserta diberi petunjuk mengenai materi dasar rangkaian beserta komponen yang telah kami sediakan,” tuturnya. Setelah itu, peserta dipersilakan merangkai robosoccer sesuai dengan kreativitas masing-masing.

Dihari ke dua, rancangan robosoccer peserta yang telah dibuat dihari pertama mulai dipertandingkan. Aturannya, setiap robosoccer yang telah dirangkai akan beradu untuk memasukkan bola ke gawang pada lapangan yang berukuran 3 x 1,5 meter.

“Kami ingin memberikan kesempatan kepada peserta untuk menunjukkan kreativitasnya dalam merangkai sistem mekanik semenarik mungkin dari robot mereka," ujar Arif. Selain itu , lanjutnya, dalam pertandingan sepak bola robot nanti, robosoccer harus dapat mencetak gol sebanyak mungkin.

Pelatihan robosoccer ini sendiri ternyata tak hanya diminati mahasiswa. Ada juga pelajar SMA dari sekitar Surabaya yang mengikutinya. “Sebenaranya, banyak peserta dari SMA yang akan mendaftar kegiatan ini, akan tetapi kami tolak. Dan sebagai gantinya, kami berencana mengadakan road show ke sekolah mereka," papar Arief.

Para pelajar SMA yang mendapat kesempatan ikut pelatihan pun mengaku senang. “Senang bisa mengikuti pelatihan. Dan ini merupakan yang pertama kali,” ungkap salah seorang peserta dari SMA 1 Gresik. “Tentu, saya juga harus dapat membawa piala pada perlombaan nanti," imbuhnya optimis. (st/f@y)

Berita Terkait