ITS News

Kamis, 03 Oktober 2024
14 Januari 2009, 20:01

ITS Beri Beasiswa Para Juara

Oleh : Dadang ITS | | Source : -

Jika sebelumnya IKA ITS memberi peluang beasiswa bagi para aktifis, lain halnya dengan beasiswa Unggulan Juara ini. Dari total mahasiswa baru 2008 yang ada di ITS hanya ada 14 mahasiswa yang memperoleh beasiswa ini karena memang hanya diperuntukkan bagi mahasiswa yang diterima di ITS lewat jalut jalur Penelusuran Minat Dan Kemampuan (PMDK) prestasi.

Program beasiswa yang kali pertama dilaksanakan ini berawal dari usulan pengajuan beasiswa dari ITS ke Diknas. Dari persyaratan yang ditentukan Diknas, ternyata semua mahasiswa yang diusulkan diterima oleh Diknas. ”Kita mengirimkan mahasiswa PMDK prestasi dan diteima semuanya karena sudah memenuhi syrat-syarat yang diinginkan oleh Diknas,” ujar Agus selaku Koordinator Kerjasama tersebut.

Melalui beasiswa tersebut, harapannya mahasiswa yang pada masa sekolahnya sudah menjadi Juara bisa menjadi juara lagi dengan membawa nama kampus ITS melalui prestasinya. ”Dengan diberikannya beasiswa ini kami juga mengharap mahasiswa yang memperoleh beasiswa ini bisa berprestasi untuk kampus ITS,” kata Agus lagi.

Tidak hanya prestasi akdemik yang dituntut pihak ITS namun juga prestasi non-akademiknya pula. ”Tunjukkan prestasi juara kalian dengan tidak hanya ber-IPK tingggi tapi juga bisa menjadi juara di bidang lain,”  tambah Prof Dr Suasmoro selaku PR III menyemangati penerima mahasiswa. Suasmoro juga memberi contoh jalan prestasi yag bisa dilalui misalkan lewat Lomba Karya Tulis Mahasiswa (LKTM), Pekan Kreatifitas Mahasiswa (PKM), menjadi tim Maritim Challange ataupu menjadi pemenang di even Pagelaran Mahasiswa Nasional bidang Teknologi Informasi dan Komunikasi (GemNasTik).

Para penerima beasiswa ini berhak mendapatkan biaya hidup selama 36 bulan terhitung sejak september 2008 sebesar 800 ribu per bulan. Selain itu mahasiswa tersebut juga bebas biaya SPP karena telah diterima di ITS melalui jalur PMDK prestasi.

”Alhamdulillah senang sekali pastinya.Ke depannya saya akan berusaha memperoleh prestasi baik di even kampus, nasional maupun Internasional,” tambah Farkhan Rosi, salah satu penerima beasiswa dari jurusan Teknik Elektro. (hoe/mtb)

Berita Terkait