ITS News

Kamis, 03 Oktober 2024
19 Januari 2009, 13:01

ITS Akan Membuka Toastmaster Club

Oleh : Dadang ITS | | Source : -

Toastmaster merupakan organisasi yang mempunyai misi untuk meningkatkan kemampuan komunikasi berbahasa asing dan kepemimpinan anggotanya baik secara verbal maupun oral. Perkumpulan yang berkantor pusat di California, Amerika Serikat ini telah ternirlaba dan mempunyai cabang di lebih dari 180 negara di dunia.

Di Surabaya, perkumpulan yang beranggotakan sekitar 20-30 orang per-club, telah memiliki dua club, dengan anggota yang berasal dari kalangan di berbagai bidang seperti pengusaha, karyawan, dan akademisi. Dalam pertemuan Toastmaster Club yang diadakan dua pekan sekali, para anggotanya diajak untuk berpresentasi tentang personal grove, berargumen, dan mengeluarkan pendapat dalam bahasa inggris, diselingi dengan entertaining speaker.

Melihat berbagai manfaat dan potensi yang bisa diambil dari toastmaster, akhir bulan ini ITS akan membuka Toastmaster Club. “Untuk tahap pertama kita hanya akan menerima 20 anggota club, keanggotaan dari toastmaster ini bebas mulai dari dosen, karyawan hingga mahasiswa,” terang Drs Fuad Cholisi MSc MPhil.

Di Surabaya sendiri ITS menjadi salah satu dari empat Universitas yang berencana membuka Toastmaster Club. “Toastmaster Club merupakan media yang bagus bagi civitas akademik ITS, khususnya bagi mahasiswa yang ingin memiliki soft skill dan mekanisme berbahasa asing asing yang bagus,” lanjut Fuad.

Keanggotaan dari Toastmaster Club sendiri tidak gratis, setiap anggota wajib membayar iuran per bulan sebesar 4,5 dolar dan iuran keanggotaan yang dibayar sekali untuk seumur hidup sebesar 20 dolar.

“Fasilitas yang akan didapatkan dari anggota adalah paket buku, majalah per bulan, dan sertifikat yang mempunyai tingkatan berkala yang nantinya akan bermanfaat digunakan melamar pekerjaan,” jelas Yashinta Nurrahman SE selaku President Dynamic Toastmaster Club yang juga staff bagian kerjasama luar negeri ITS.

Banyak diantara anggota toastmaster merupakan anggota DPR/MPR, dan para petinggi di perusahaan besar seperti Dunlop, Unilever, dan lain sebagainya.

Untuk pendaftaran, dapat menghubungi Yashinta Nurrahma di nomor (031) 71953737 atau 08121741568. Pendaftaran juga dapat dilakukan di Gedung UPT Bahasa, menemui Bu Imas. (nay/mtb)

Berita Terkait