ITS News

Kamis, 03 Oktober 2024
22 Januari 2009, 08:01

Unjuk Karya TA sebelum Maju Sidang

Oleh : Dadang ITS | | Source : -

Karya-karya desain yang ditampilkan cukup banyak yang menarik. Salah satunya karya bertajuk Mobil Pintar Tunas Bangsa yang menampilkan desain bus perpustakaan multimedia keliling. Desain karya Herry Mahardika ini juga dilengkapi dengan ruang untuk pembelajaran laptop bagi anak-anak sekolah. Secara keseluruhan bus perpustakaan ini mampu menampung 5.000 buku di dalam rak-raknya.

Menurut Herry, karya yang penyelesaiannya lengkap dengan survey di Jakarta ini memakan waktu setahun. Karya ini sendiri terinspirasi dari banyaknya kenyataan anak-anak yang tak mampu bersekolah karena masalah ekonomi. “Jadi saya terpikir kalau ada bus perpustakaan keliling seperti ini, semua anak punya kesempatan yang sama untuk belajar di dalamnya,” tutur Herry.

Beberapa karya lainnya juga tak kalah menariknya, mulai dari desain mobil untuk masa depan hingga model transportasi untuk paramedis bertugas di dalam sebuah rumah sakit. Hampir semua karya yang dipamerkan kali ini bertema tentang transportasi.

Bambang Tristiyono, salah satu dosen prodi Desain Produk Industri mengatakan bahwa pameran TA seperti ini sudah merupakan agenda rutin tiap akhir semester dan diwajibkan bagi semua karya TA. “Pameran ini untuk memberikan rekomendasi pada karya-karya tersebut apakah sudah layak maju ke sidang TA atau belum,” jelas Bambang yang juga menjadi salah satu pembimbing TA ditemui di sela penilaian karya.

Nantinya, semua dosen program studi tersebut memberikan penilaian pada tiap karya. Dari hasil penilaian para dosen itulah nantinya bisa diketahui kelayakan suatu karya untuk maju sidang TA. Selain itu, hasil penilaian pameran ini nantinya juga bisa menjadi tambahan penilaian sidang TA.

Selain dari prodi Desain Produk Industri, para mahasiswa semester akhir dari prodi DKV juga unjuk karyanya yang akan dimajukan dalam sidang TA. Kegiatan ini juga merupakan agenda rutin tiap semester. Sementara untuk prodi Desain Interior rencananya baru akan memamerkan karya TA-nya pada 28 Januari mendatang. (humas/fay)

Berita Terkait