ITS News

Jumat, 04 Oktober 2024
30 Januari 2009, 20:01

Peringkat ITS Naik di Webomatrics

Oleh : Dadang ITS | | Source : -

Website merupakan komponen penting dalam sebuah institusi, apalagi dalam sebuah institusi pendidikan. Tak heran jika Cybermetrics Lab, sebuah grup penelitian bagian dari Consejo Superior de Investigaciones Científicas (CSIC) membuat peringkat universitas di seluruh dunia, tak terkecuali Indonesia. Website tersebut adalah Webomatrics.com. CSIC sendiri merupakan badan penelitian masyarakat terbesar di Spanyol.

Dalam website tersebut, ITS mendapat rangking 5 setelah sebelumnya berada di rangking 11. Menurut pembantu rektor I, Prof Ir H Arif Djunaidy MSc PhD, prestasi ITS ini disebabkan oleh beberapa strategi yang disiapkan ITS untuk mendongkrak rangkingnya. Strategi tersebut disesuaikan dengan kriteria penilaian. ”Salah satu keunggulan kita adalah digitalisasi yang ditingkatkan lagi,” ungkap Arif. Menurutnya, digitalisasi tersebut dalam penilaiannya mencapai 50 persen. Digitalisasi dapat berupa Tugas Akhir (TA), karya ilmiah, tesis dan disertasi karya ITS yang dapat diakses dari luar.

Program digitalisasi sebelumnya juga telah disusun dalam Program Hibah Kompetensi Institusi (PHKI). PHKI tersebut disusun untuk membangun knowledge management system yang bertujuan menaikkan rangking ITS dalam Webometric. Selain peningkatan digitalisasi, bidang I ITS juga menyiapkan strategi sistem manajemen rapat dan manajemen dokumen. Dalam strategi tersebut, ITS menyimpan data rapat dan dokumen dalam sistem jaringan. Dalam manajemen dokumen sendiri, dokumen dan surat-surat yang mendapat hak kopi diarsipkan kemudian dikirim. Jadi, data tersebut dapat diakses oleh pihak yang berkepentingan. Strategi ini dilakukan untuk memenuhi kriteria size and visibility.

Strategi lainnya yang tengah digalakkan ITS adalah peningkatan dalam bidang scholar. Di sini scholar memungkinkan orang yang mencari karya ilmiah lewat Google Scholar dapat dirujuk ke website ITS. Perujukan itu dapat terjadi jika website ITS mampu menampilkan karya ilmiah yang diinginkan. Karena itulah, peningkatan dalam bidang scholar oleh ITS sangat penting dilakukan.

Karena peringkat dalam Webometric berganti setiap enam bulan sekali, maka ITS sudah bersiap menyambut penilaian periode Juli 2009. Persiapan itu pun tak luput dari strategi-strategi sebelumnya yang kini lebih ditingkatkan lagi. Sementara itu, berturut-turut yang menempati peringkat atas adalah UGM, ITB, UI, dan Universitas Gunadarma. (nrf/mtb)

Berita Terkait