ITS News

Jumat, 04 Oktober 2024
07 Februari 2009, 08:02

Walikota Dukung ITS Lestarikan Ekosistem Burung Liar

Oleh : Dadang ITS | | Source : -

Dalam pembukaan yang dilaksanakan pada Jumat (6/2) di gedung Biologi ITS, Bambang sangat mengapresiasi acara ini. Apalagi, tujuan perlombaan ini adalah untuk mendukung upaya konservasi daerah Wonorejo. ”Daerah timur, sekarang benar-benar dilindungi pemerintah kota Surabaya sebagai upaya konservasi, ” jelas Bambang yang mengaku dulu daerah ini digunakan sebagai daerah pembangunan dan sekarang tidak lagi diperbolehkan.

Selain itu, lomba yang nantinya akan mengikut sertakan 12 tim dari berbagai daerah ini juga berupaya mengadakan edukasi pada masyarakat tentang pentingnya pelestarian lingkungan. Hal ini sesuai apa yang dikatakan Febri Eka, ketua panitia perlombaan. ”Dalam perlombaan ini nanti peserta juga diharap mampu sharing dengan warga sekitar tentang pentingnya kelestarian ekosistem,” jelas mahasiswa Biologi angkatan 2007 ini.

Menanggapi hal itu, Bambang DH mengaku bila daerah Wonorejo memang seharusnya dijadikan daerah konservasi. ”Dari data yang saya peroleh dari, ada sekitar 147 burung yang hidup disana, apalagi ada yang dikategorikan burung migran dan burung yang dilindung,” katanya.

Dalam perlombaan ini peserta akan melakukan pengamatan selama 3 hari berturut-turut mulai Jumat (6/2) sampai Minggu (8/2) besok. Peserta diwajibkan melakukan pengamatan burung disekitar areal wonorejo. ”Kemudian, peserta diwajibkan mensketsa bentuk burung dan mengidentifikasi jenis spesies burung tersebut dengan bantuan buku panduan,” Jelas Febri.

Lomba kali ini diikuti 12 tim (tiap tim terdiri dari tiga orang) yang berasal dari berbagai perguruan tinggi di Surabaya, Malang, Jogjakarta, Bandung, dan Bogor. LOmba ini memerebutkan trofi dari Rektor ITS, Walikota Surabaya, Dekan FMIPA, dan Ketua Prodi Biologi ITS, serta komunitas Pecuk.

Selain lomba pengamatan, juga diadakan lomba fotografi tentang kehidupan burung-burung liar di kawasan Wonorejo. “Terserah mau memotret burung liar apa saja, asalkan yang hidup di kawasan pantai Wonorejo,” imbuh Febri. Untuk lomba foto ini, akan dilangsungkan pada Sabtu (7/2) di lokasi yang sama.

Dalam pembukaan ini sendiri, dihadiri juga Dekan Fakultas Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam (FMIPA) Dr Rer Nat Tri Wikantoro Msc, Ketua Program Studi Biologi ITS Dra Dian Saptarini. Acara pembukaan ini dibuka secara simbolis oleh walikota dengan melepaskan dua ekor burung gelatik jawa yang tergolong spesies liar.(yud/asa)

Berita Terkait