ITS News

Jumat, 04 Oktober 2024
16 Februari 2009, 11:02

OW4: Cuaca Buruk Tak Halangi Kelilingi Sempu

Oleh : Dadang ITS | | Source : -

Teriakan bahagia terdengar sayup-sayup di atas perahu yang mengangkut para peserta lomba esai OW4, Sabtu (14/2). Keramaian mereka pun mencapai puncaknya manakala perahu berhasil mendarat ke pesisir pulau Sempu. Walaupun tidak sampai ke Segara Anakan, spot paling bagus di Sempu, namun hamparan laut biru yang masih jernih mampu membuat peserta puas menikmati keindahan pulau yang masih perawan itu.

Setelah berlangsung selama tiga hari, OW 4 sendiri berakhir Sabtu (14/2). Acara yang digelar Departemen Riset dan Teknologi (Ristek) ini diawali dengan Seminar Nasional Bahari yang digelar di Rektorat, Kamis (12/2). Setelah itu berlanjut dengan Bhakti Bahari Nasional (BBN) di Pantai sendang Biru dan Pesisir Pulau Sempu. Tak kurang dari 71 peserta lomba esai dari seluruh Jawa mengikuti camp di tepi Pantai Sendang Biru, Malang Selatan.

Acara camp dimulai dengan berbagai outbound yang telah disiapkan panitia. Peserta pun larut dalam kebersamaan ketika mengikuti outbond. Dalam waktu bersamaan, panitia juga menggelar pengobatan gratis untuk warga sekitar. Acara ini pun mendapat antusiasme besar dari warga.

Acara berlanjut dengan presentasi empat finalis yang terpilih dari 94 peserta yang mengikuti lomba ini. Mereka adalah Vinandika dari SMAN 1 Jember, Fajrun WM dari SMAN 3 Pamekasan, Melisa Sudiashri dari SMAN 1 Glagah Banyuwangi dan Nayla Fauiah A M dari SMAN 2 Tuban. Sedang Juara I dan II berturut-turut diraih oleh Vinandika dan Fajrun.

Sebenarnya, setelah presentasi, acara dilanjutkan dengan art party dari para peserta. Namun acara ini tidak terlaksana karena hujan badai yang menerjang kemah. Peserta pun harus diungsikan ke SD terdekat karena hal ini.

Hari ketiga merupakan puncak acara OW4. Peserta diajak mencintai bahari dengan menggelar acara beach clean up. Panitia mengajak peserta untuk memunguti sampah di sekitar Pantai Sendang Biru. Tak hanya itu, panitia juga ikut bermain games dalam outbound sembari mengakrabkan diri dengan peserta.

Selanjutnya, peserta diajak berlayar menyeberangi dan berkeliling pulau Sempu. Acara ini mendapat antusiasme paling besar dari para peserta. ”Acaranya seru. Apalagi waktu kita diajak berlayar ke pulau Sempu,” ungkap Lukita, salah satu peserta.

Sementara itu, terdapat beberapa perbedaan antara OW4 dan OW pada tahun-tahun sebelumnya. OW kali ini merupakan pertama kalinya diadakan acara menyeberang pulau. Selain itu, OW 4 dilaksanakan hanya di satu tempat. ”Pemilihan tempat disini disebabkan OW 4 ingin mengenalkan pesisir pulau Jawa bagian selatan” ungkap Wanda Angga selaku Menteri Ristek BEM ITS. Perbedaan lain yang cukup disayangkan adalah pada OW kali ini tidak terdapat Mangrove Expo dan Pameran Bahari. (nrf/mtb)

Berita Terkait