ITS News

Jumat, 04 Oktober 2024
18 Februari 2009, 21:02

Kunjungan SMK Pertama kali ke ITS

Oleh : Dadang ITS | | Source : -

Ratusan siswa berseragam putih abu-abu memadati Gedung Rektorat Lantai 3. Tak kurang dari 206 siswa SMK dan 15 orang guru SMKN 1 Mojokerto mendapat pengarahan dari tim promosi ITS. Mereka pun dikenalkan lebih menyeluruh tentang ITS.

”Kunjungan kali ini merupakan kunjungan pertama kalinya siswa SMK ke ITS,” ungkap Bekti Cahyo Hidayanto selaku tim promosi ITS. Pernyataan tersebut disambut antusias oleh Kepala Sekolah SMKN 1 Mojokerto, Drs Harol Kristiyandoko. ”Luar biasa, walaupun ITS besar tapi ini merupakan kunjungan siswa SMK yang pertama,” tutur Harol. Ia pun berharap agar SMK lain mengikuti jejaknya.

Kedatangan rombongan ini mempunyai tujuan memberikan motivasi dan semangat baru dalam mengahadapi ujian. Walaupun anak didiknya merupakan siswa SMK, namun Harol menaruh harapan agar siswanya diterima di ITS. ”Kita memang dari SMK, tapi tidak menutup kemungkinan melanjutkan ke ITS,” imbuh Harol.

Rombongan ini mendapat presentasi dari tim promosi. Diantaranya adalah mengenai materi program studi di ITS, seperti pendidikan akademik, jenjang pendidikan, daya tampung, serta keketatan PMDK. Dalam materi ini, tim promosi juga memberi tahu grade-grade jurusan di ITS yang tidak ada di brosur ITS.

Tim promosi juga memaparkan tentang akreditasi A yang diraih ITS. Akreditasi tersebut hanya diraih oleh lima perguruan tinggi negeri di Indonesia. Selain itu, tim promosi juga menjelaskan tentang akreditasi internasional yang diraih oleh Fakultas Teknologi Kelautan (FTK) melalui RINA Award. Tak lupa, sistem penerimaan mahasiswa baru di ITS pun turut dijelaskan.

Selain mendapat penjelasan dari tim promosi, rombongan ini juga mengunjungi Jurusan Teknik Mesin dan PENS. Pemilihan kedua tempat tersebut disesuaikan dengan dua bidang yang digeluti oleh SMKN 1 Mojokerto ini yakni Teknik Mekanik Otomotif dan Teknik Komputer Jaringan.

Antusiasme tinggi ditunjukkan oleh para siswa SMKN 1 Mojokerto ini. ”Saya senang bisa mendapat pengalaman dan ilmu pengetahuan baru disini,” ujar Eni, siswi SMKN 1 Mojokerto. Ia pun berkeinginan masuk ITS. (nrf/mtb)

Berita Terkait