ITS News

Jumat, 04 Oktober 2024
22 Februari 2009, 12:02

Jajaki Kerjasama Dengan Thailand Lewat Teleconference

Oleh : Dadang ITS | | Source : -

Teleconference tersebut disiarkan secara langsung dari Jakarta untuk 36 PTN dan PTS di Indonesia, Jumat (20/2). Dalam teleconference yang juga disiarkan di Gedung Rektorat ITS tersebut, pihak Departemen Pendidikan Thailand mengajak kerjasama dengan DIKTI.

Dalam hal ini, Thailand berencana memberi beasiswa pada 25 mahasiswa Indonesia untuk belajar di Thailand. Selain itu, Thailand juga menjajaki kerjasama untuk pertukaran mahasiswa selama satu semester. Nantinya, mahasiswa Indonesia dapat belajar di Thailand, begitu pula sebaliknya. Selain mendapat ilmu, mahasiswa juga diharapkan dapat belajar kultur budaya di sana.

“Penjajakan kerja sama ini meliputi student mobility, human resources, twinning program, sandwich program, dan joint research,” ungkap Dr Ketut Buda Artana ST MSc selaku ketua International Office yang juga mengikuti teleconference.

Student mobility merupakan peluang mahasiswa Indonesia belajar di Thailand. Twinning program sendiri meliputi double degree, sedang sandwich program diperuntukkan S1, S2, dan S3. Kerjasama dengan Thailand tersebut rencananya akan dilakukan untuk bidang matematika, fisika, kimia, lingkungan, teknologi agrikultur, energi, dan beberapa bidang lainnya. Rencana kerjasama ini akan direalisasikan dalam waktu dekat.

Sementara itu, teleconference tersebut merupakan kunjungan awal Departemen Pendidikan Thailand. Rencananya, rombongan Indonesia akan diundang ke Thailand untuk kelanjutan kerjasama ini. Adapun perwakilan ITS yang datang ke Jakarta dalam teleconference ini adalah Pembantu Rektor I Prof Ir H Arif Djunaidy Msc Phd. (nrf/mtb)

Berita Terkait